Kantor Berita Kalimantan

KPU Banjar Segera Tetapkan Daftar Pemilih Sementara

MARTAPURA – Menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024, Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kabupaten Banjar diperkirakan mengalami peningkatan dibandingkan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu Tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Banjar Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Muslihah. Dirinya mengatakan saat ini coklit di 20 Kecamatan sudah mencapai angka 100 persen.

” Kemarin kita ini baru selesai rekapitulasi tingkat PPS 30-31 Maret 2023, kemudian tingkat PPK tanggal 1-2 April 2023 sudah clear sehingga sudah ditetapkan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP), yang selanjutnya tinggal menunggu hasil rekapitulasi tingkat kabupaten yang akan dijadikan DPS,” jelas Muslihah, Senin (3/4/2023) siang saat dikonfirmasi di Kantor KPU Banjar.

IMG_20230403_123511 (2)
Komisioner KPU Kabupaten Banjar Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Muslihah. (Foto : Rizal).

Dirinya menyebutkan, jumlah DPHP sekarang mengalami peningkatan, yang mana sebanyak 420.006 daftar pemilih hasil pemutakhiran oleh Pantarlih sudah melebihi DPT pada Pemilu 2020, dengan angka 389.993.

” Peningkatan tersebut terjadi karena mungkin jumlah penduduk di Kabupaten Banjar yang meningkat, serta anak sebelumnya belum cukup umur untuk memilih, sekarang sudah bisa memilih (17 Tahun),” sebutnya.

Meskipun tahapan coklit sudah selesai, Muslihah tetap menghimbau kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih, untuk segera melaporkan ke PPS, PPK atau KPU.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Banjar, Muhaimin berharap pemutakhiran data pemilih menyajikan data yang benar-bemar bisa menjadi rujukan semua pihak dalam mengambil keputusan, khususnya bagi pihaknya sebagai penyelenggara.

” Itu akan menjadi bahan kami untuk menentukan logistik. Prinsipnya kita akan berupaya yang terbaik dalam pemutakhiran data, dan tanggal 5 april nanti kami akan rekapitulasi penetapan DPS di Hotel Rodhita Banjarbaru,” pungkasnya.

Exit mobile version