DAERAH

KPU Banjar Tetapkan 522 DCT, 2 Caleg Pindah Partai

MARTAPURA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar, menetapkan sebanyak 522 Calon Legislatif (Caleg) Anggota DPRD Kabupaten Banjar masuk Daftar Calon Tetap (DCT), Jumat (3/11/2023) sore.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota KPU Banjar, Divisi Penyelenggaraan Teknis, Abdul Muthalib. Ia mengatakan pihaknya sudah membuat Surat Keputusan (SK) penetapan DCT pada hari ini (3/11/2023).

“Dari Daftar Calon Sementara (DCS) ke DCT itu ada beberapa yang berubah, dari pergantian nomor urut, kemudian ada juga pergantian Caleg, pindah partai, dan juga ada pergantian Dapil,” ujar Abdul Muthalib yang biasa akrab disapa Aziz ini.

Saat pencermatan DCT, ungkap Aziz ada beberapa Bacaleg yang profesinya tidak diperbolehkan sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2023, yang mana disebutkan dalam PKPU tersebut ada 9 pekerjaan atau profesi yang wajib mundur.

“Kemarin ada 2 Bacaleg yang diminta untuk membuatkan SK pemberhentjan dari Bupati, namun karena keluarnya surat KPU RI kepada KPU Provinsi dan Kabupaten Kota Nomor 1035, pemberhentian belum diterbitkan, maka yang bersangkutan wajib menyerahkan 1 bulan setelah penetapan DCT,” jelas Aziz, didampingi Komisioner KPU, dan Bawaslu Banjar.

Ia menyebutkan tidak ada perubahan jumlah DCT dan DCS, yakni sebanyak 522 Caleg. Hal tersebut dipastikan usai adanya SK Penetapan DCT.

“Dari DCS hingga penetapan DCT tersebut, ada 2 orang yang pindah partai, dan ada 2 orang yang pindah dapil,” pungkasnya.

Penetapan DCT tersebut dihadiri oleh perwakilan parpol, Bawaslu, Kepolisian, dan tamu undangan lainnya.

Rizal News

Recent Posts

Ditreskrimsus Polda Kalsel Amankan 9,5 Ton Oli Palsu

KBK.News, BANJARMASIN - Ditreskrimsus Polda Kalsel menggelar press rilis pengungkapan kasus pembuatan oli oplosan (Palsu)… Lanjutkan Membaca

10 jam ago

Calon Bupati Banjar Syaifullah Tamliha Siap Adu Gagasan Cerdas Bangun Kabupaten Banjar

KBK.NEWS, MARTAPURA - Hadapi Pilbup Banjar 2024, Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha menawarkan adu… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Agar Tidak Disalahgunakan, Polsek Banjarbaru Utara Musnahkan 19 Batang Pohon Kecubung

KBK.News, MARTAPURA - Polsek Banjarbaru Utara menggelar pemusnahan pohon kecubung yang tumbuh di wilayah hukumnya,… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Pemprov Kalteng Lakukan Pencegahan Abrasi Pantai Dengan Vegetasi Tanaman Bakau

KBK.NEWS, SUKAMARA - Pemprov Kalteng melakukan penanaman pohon atau Vegetasi Tanaman bakau (mangrove) guna mengatasi… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Tegakkan Disiplin Berlalu Lintas, Polres Banjar Gelar Operasi Patuh Intan 2024

KBK.News, MARTAPURA - Selama 14 Hari, Polres Banjar akan menggelar Operasi Patuh Intan 2024. Operasi… Lanjutkan Membaca

21 jam ago

Diduga Korupsi Kuota Haji KPK Didesak Tangkap Menteri Agama

KBK.NEWS, JAKARTA - Ketua Umum PP PERISAI, Chandra Halim mendesak KPK menangkap Menteri Agama dan… Lanjutkan Membaca

1 hari ago