Site icon Kantor Berita Kalimantan

KPU Kalsel Mulai Persiapan Pemutakhiran Daftar Pemilih Pilgub Kalsel 2024

Komisioner KPU Kalsel Fahmi Failasofa (Foto Instagram KPU Kalsel).

KBK.NEWS, BANJARMASIN – KPU Kalsel sedang melakukan persiapan Pemutakhiran Data Pemilih untuk menetapkan daftar pemilih tetap di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 2024, Rabu (29/5/2024).

KPU RI telah menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel (Pilkada) 2024 dari Kemendagri. Kemudian data tersebut diteruskan ke KPU Kalsel untuk dilakukan pemutakhiran data pemilih.

” Data dari DP4 tersebut akan KPU Kalsel singkronkan terlebih dahulu dengan DPT Pemilu 2024 kemarin. Kemudian dilakukan dengan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) kepada pemilih secara door to door,” jelas Komisioner KPU Kalsel, Fahmi Failasofa, Rabu (29/10/2023).

Menurut Fahmi, KPU berharap pada tahapan coklit nanti masyarakat dapat terlibat aktif berpartisipasi dengan memastikan diri mengecek bahwa sudah terdaftar sebagai pemilih. Hal itu dapat diketahui dengan melihat daftar pemilih sementara (DPS) atau daftar pemilih tetap (DPT).

” Kalau sudah terdaftar, maka nantinya pada 27 Nopember 2024 mendatang bisa menggunakan hak pilih atau hak konstitusi sebagai warga negara,” ungkap mantan anggota Bawaslu Kabupaten Tabalong ini.

Penting KPU Kalsel melakukan daftar pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 2024 telah diingatkan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari. Hal itu disampaikan Hasyim saat peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 2024 yang digelar di Lapangan Murjani Banjarbaru.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU RI mengingatkan agar masyarakat juga untuk ikut aktif agar mereka terdaftar di daftar pemilih, sehingga bisa menggunakan hak pilihnya.

Untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 2024 saat ini masih dalam tahap penjaringan bakal calon di sejumlah partai politik. Sederet nama telah masuk bursa Pilkada atau Pilgub Kalsel 2024, diantaranya, Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah, Akhmad Rozanie Himawan Nugraha, Denny Indrayana, Muhidin, Hasnuryadi.

 

 

 

Exit mobile version