Site icon Kantor Berita Kalimantan

KPU Kalsel Rapat Pleno Terbuka Hasil Pemilu 2024

Rapat pleno terbuka penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Galaxy Hotel Banjarmasin.

KBK.NEWS, BANJARMASIN – KPU Kalsel menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat provinsi, Rabu (6/3/2024).

Rapat pleno terbuka penghitungan perolehan suara para peserta Pemilu 2024 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan digelar di Galaxy Hotel di Banjarmasin. Pada kegiatan ini tampak hadir seluruh Komisioner KPU Kalsel yang dipimpin langsung Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa.

Kemudian juga terlihat hadir seluruh Komisioner Bawaslu Kalsel yang dipimpin Ketua Bawaslu Kalsel, Aris Mardiono.

Rapat pleno tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dijadwalkan berlangsung selama 2 hari, yakni dari Tanggal 6 sampai 8 Maret 2024. Rapat pleno yang digelar di hari pertama dimulai dengan membacakan hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilu 2024 dari Kabupaten Barito Kuala dan dilanjutkan dengan Kota Banjarbaru.

Saksi dari capres nomor urut 1 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar pada proses rekapitulasi menolak hasil rapat pleno yang menggunakan aplikasi Sirekap dan, karena dugaan penggelembungan suara, keterlibatan aparat serta penguasa. Untuk itu saksi dari capres presiden nomor urut 1 ini tidak bersedia membubuhkan tanda tangan.

Terkait dengan sikap saksi dari calon presiden nomor urut 1 tersebut, KPU Kalsel mencatatnya sebagai kejadian khusus.

Pengamanan proses rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan dan penetapan hasil suara di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan cukup ketat. Sejumlah petugas pengamanan dari pihak kepolisian yang juga didukung TNI disiagakan.

Exit mobile version