Kantor Berita Kalimantan

Kuasai Persenjataan AS, Taliban Menjadi Super Power

Taliban akan menjadikan Afganistan sebagai negara super power setelah kuasai aset militer persenjataan Amerika Serikat (AS) senilai 85 Juta Miliar US Dollar, Minggu (29/8/2021).

Jim Banks, salah satu anggota Kongres Amerika Serikat dari Partai Republik kepada media menyampaikan, bahwa AS telah lalai dalam sistem administrasi. Hal itu mengakibatkan aset negaranya senilai 85 Juta Miliar US Dollar telah dikuasai Taliban, Jumat (27/8/2021).

“Taliban saat ini telah menguasai aset kemiliteran kami yang bernilai 85 Juta Miliar US $ , diantaranya 75 ribu mobil, 200 pesawat dan helikopter,” jelas Jim Banks.

Kemudian, beber Jim Banks, ada lebih dari 600 ribu persenjataan kecil dan ringan juga telah dikuasai oleh Taliban. Termasuk helikopter tempur canggih Black Hawk juga telah lebih banyak dikuasai Taliban sekitar 85 persen dibanding negara lainnya di dunia.

Taliban Banyak Kuasai Helikopter Tempur Black Hawk

“Mereka tidak hanya memiliki persenjataan saja, tetapi juga memilih kacamata night vision, baju anti peluru, perlengkapan medis,” tegasnya.

Menurut, Jim Banks, yang hampir tidak pihaknya percaya juga, yakni Taliban juga telah menguasai peralatan biometrik, scan retina mata, sidik jari, dan data biografi penduduk Afganistan dalam 20 tahun terakhir yang membantu AS.

Foto : Istimewa

Sumber : youtube Daily Mail

Exit mobile version