Site icon Kantor Berita Kalimantan

Kuota Mudik Lebaran Pemprov Kalsel Sudah Penuh

BANJARMASIN – Angkutan mudik lebaran 2023 gratis ke seluruh wilayah di Kalimantan Selatan yang disiapkan Pemprov Kalsel kuotanya sudah penuh.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor pada Apel Kesiapan Angkutan Mudik Gratis Bersama Paman Birin mengatakan, hanya dalam waktu 6  jam kuota mudik gratis sudah penuh. Mereka yang ikut mudik gratis ini ada yang dari ASN sebanyak 11,3 persen,TNI/POLRI – Wirausaha 6 persen, Pegawai Swasta 22 persen, Pelajar/Mahasiswa 24,4 persen dan lainnya 36,3 persen.

“ Tujuan ke Rantau 4,2 persen, Kandangan 10,7 persen, Barabai 10,7 persen, Amuntai 11,9 persen, Paringin 7,1 persen, Tanjung 16,7 persen, Batulicin 11,3 persen, dan Kotabaru 27,4 persen,” jelas Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini.

Ia menyampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel menyediakan angkutan berkapasitas 15 orang per armada dengan jumlah armada siap 45 mobil hiace yang merupakan partisipasi dari seluruh satu kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov Kalsel.

“Kita harus mengantisipasi arus mudik ini dengan berbagai pendekatan dan strategi. Kita semua harus bisa menjadi bagian dari kelancaran, ketertiban dan keamanan dalam masa mudik lebaran,” ujarnya.

Ia juga meminta dengan adanya program mudik gratis ini agar dapat dipersiapkan manajemennya secara matang dan terkendali.

“Kita harus memperhitungkan berapa banyak armada, perhitungan berapa banyak masyarakat yang bisa kita layani. Jangan sampai kemampuan armada yang kita siapkan tidak seimbang dengan jumlah masyarakat yang ingin memanfaatkan mudik gratis ini,” jelasnya. 

Ia berharap, di tahun yang akan datang lebih banyak stakeholder dapat mendukung program ini, termasuk Organisasi Angkatan Darat (Organda).

“Dengan adanya dukungan dari stakeholder terkait dan Organda dapat memasifkan jangkauan tujuan mudik serta masyarakat terlayani dengan baik di arus mudik maupun arus balik,” tambahnya.

Sumber : MC Kalsel. 

Exit mobile version