Site icon Kantor Berita Kalimantan

KWK Martapura Sepi Pedagang, Perumda PBB Gratiskan Sewa Lapak Selama Setahun

KBK.News, MARTAPURA – Minimnya jumlah pembeli atau pengunjung di Kawasan Wisata Kuliner (KWK) Baromah, Perumda Pasar Bauntung Batuah (PBB), mengumumkan kebijakan biaya sewa lapak selama satu tahun akan digratiskan, Selasa (28/5/2024).

Hal tersebut dusampaikan oleh Kabag Humas Perumda Pasar Bautung Batuah Martapura, Gusti Andriansyah. Kepada awak media, ia mengakui bahwa KWK mengalami penurunan kunjungan akhir akhir ini.

“Dari 64 lapak yang tersedia, hanya sekitar 25 yang terisi,” ujar Gusti Andriansyah.

Dalam upaya meningkatkan minat pedagang baru, Perumda Pasar Bautung Batuah Martapura menawarkan program pembebasan biaya sewa lapak selama satu tahun.

“Namun, pedagang tetap bertanggung jawab atas kebersihan, ketertiban, dan keamanan dengan biaya administrasi sekitar Rp 8.000,” sebutnya.

Ia menyampaikan, program ini telah berlaku sejak awal Mei 2024, namun hanya berlaku untuk pedagang baru.

“Pedagang yang telah berjualan sebelumnya tidak memenuhi syarat untuk pembebasan ini. Biaya sewa lapak sebelumnya mencapai Rp 200 ribu per bulan,” bebernya.

Dia juga mengakui adanya gangguan dari pengamen dan anak punk yang sering berkerumun di KWK.

“Kami telah mengambil langkah-langkah untuk menangani masalah tersebut dengan meningkatkan keamanan dan layanan di area pasar Martapura,” pungkasnya.

Exit mobile version