Site icon Kantor Berita Kalimantan

Lanal Banjarmasin Melalui Posal Kumai Gelar Servak Maritim

Lanal Banjarmasin melalui Posal Kumai, Kota Waringin Barat gelar Operasi Serbuan Vaksin (Servak) Maritim Covid-19 di Kota Waringin Barat, Kalteng, Jumat (1/10/2021).

Upaya penanganan, percepatan dan penanggulangan penyebaran Wabah Covid-19 di tanah air, khususnya di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng). Kalteng merupakan salah satu bagian dari wilayah kerja Lanal Banjarmasin.

Dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-76, kali ini Lanal Banjarmasin melalui Pos TNI AL (Posal) Kumai yang terletak di Desa Sungai Kapitan Kecamata Kumai, Kabupaten
Kota Waringin Barat menggelar Servak Maritim Covid-19 tahap ke-2. Fokus utama dilakukan terhadap masyarakat Maritim (Pesisir), dan sebelumnya Servak pertama dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2021.

Kegiatan Servak massal tersebut bertempat di Posal Kumai, dengan melibatkan 7 Nakes (Tim Vaksinator) dari Puskesmas Kumai dan Lanal Banjarmasin. Pada Servak kali ini Lanal Banjarmasin masih menggunakan jenis Sinovac yang sudah terbukti aman dan sehat.

Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla melalui Danposal Kumai Letda Laut (P) Rio Kusuma kepada awak media mengatakan, kegiatan Servak massal ini dalam rangka rangkaian peringati HUT TNI Ke-76 yang jatuh pada tanggal 5 Oktober mendatang.

“Giat ini merupakan peran TNI AL dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Wabah Covid-19. TNI AL melalui Lanal Banjarmasin terus berkomitmen melaksanakan Servak Maritim hingga pandemi Covid-19 berakhir,” jelasnya.

Pada kesempatan ini Letda Laut (P) Rio Kusuma mengingatkan kepada warga, bahwa walaupun sudah menuntaskan Vaksinasi dosis pertama dan ke-2 ini, namun tetap wajib melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu sebagai langkah penting agar terhindar dari penularan Virus Corona.

Pada Servak Maritim di Kumai ini sebanyak 99 orang yang terdiri dari para nelayan dan pelajar ini, berhasil divaksinasi dengan lancar.

Usai pelaksanaan Vaksinasi, Kepala Desa Kapitan, Mulkan menyampaikan
terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Prajurit Posal Kumai.

“Mudahan dengan vaksinasi yang berikan Lanal Banjarmasin ini, warga desa kami sehat dan terlindungi dari Wabah Covid-19 dan dapat beraktivitas mencari ikan di laut,” pungkas Mulkan.

Exit mobile version