Site icon Kantor Berita Kalimantan

Lima Hektare Lahan di Martapura Diduga Sengaja Dibakar

Lima Hektare Lahan di Martapura Diduga Sengaja Dibakar. (Foto : RSB)

KBK.News, MARTAPURA – Sedikitnya 5 hektare lahan terbakar pada kebakaran hutan dan lahan yang membakar vegetasi semak belukar dan pepohonan di belakang perumahan Fitria Resident, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu (9/10/2024) sore.

Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang melakukan penanganan pada pukul 15.00 Wita mendapat kendala karena tidak menemukan akses untuk mendekati titik api yang berada jauh di tengah hutan. Al hasil tim gabungan harus balik kanan dan meninggalkan beberapa personel di lokasi untuk memantau api.

Sekitar pukul 17.00 Wita tim gabungan kembali diminta ke lokasi dikarenakan api membesar karena tiupan angin cukup kencang dan sudah mendekati permukiman. Tim gabungan langsung berjibaku memadamkan api hingga berhasil padam menjelang adzan maghrib.

Karhutla yang sempat menjadi tontonan warga komplek perumahan tersebut, diduga kuat dibakar dengan sengaja oleh oknum yang tidak bertangung jawab.

“Saya menerima info dari masyarakat, di daerah ujung sana, dimulai titik api disengaja oleh beberapa oknum masyarakat,” ujar Personel BPBD Banjar Muhammad Zubairi usai penanganan.

Dirinya juga tak bosan untuk terus memberikan imbauan kepada masyarakat Kabupaten Banjar agar tidak melakukan pembakaran pada hutan atau lahan, karena sangat merugikan banyak pihak.

“Saya mengimbau kawan-kawan dan masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakarnya,” tutupnya. (RSB)

Exit mobile version