Kantor Berita Kalimantan

LMI Bersihkan Sampah Sungai Veteran Banjarmasin Dari Pencemaran Sampah

KBK.NEWS BANJARMASIN – Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Banjarmasin menggelar aksi bersihkan sampah di Sungai Veteran di sekitar Pasar Kuripan Banjarmasin, karena  pencemaran yang parah, Rabu (25/9/2024).

Sungai yang seharusnya menjadi saluran irigasi kota dan pengaliran terus mengalami pencemaran sampah yang berefek domino untuk lingkungan seperti Sungai di Jalan Veteran tepatnya di Pasar Kuripan Banjarmasin.

Untuk mengantisipasi dampak buruk dari sampah yang mencemari sungai tersebut, LMI Banjarmasin peduli melakukan aksi resik atau membersihkannya, pada Selasa (24/9/2024).

Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Banjarmasin sesuai membersihkan sampah di Sungai Veteran Banjarmasin.

Sungai Pasar Kuripan dipilih karena mengalami pencemaran yang parah, letaknya yang berdekatan dengan pasar dan warga yang sering membuang sampah ke sungai jadi penyebabnya.

Sekitar 31 relawan turun dalam membersihkan sungai, serta kolaborasi dari beberapa lembaga, seperti DLH, PUPR, dan Pemuda Bakti Banua Hasnur ikut melancarkan kegiatan tersebut.

Bantuan alat kebersihan, Truk sampah, alat pelindung, dan pengamanan yang diberikan oleh lembaga memudahkan relawan dalam mengambil sampah, diketahui total berat sampah yang berhasil didapatkan ialah 5 ton.

Warga sekitar yang melihat aksi itu ikut membantu, serta mendapat tanggapan positif dari adanya pembersihan sungai, warga juga turut menuangkan Eco Enzim ke sungai yang berfungsi mengurangi polutan dalam air sungai.

Nur Rohman Susanto selaku perwakilan LMI Banjarmasin menuturkan kegiatan semacam ini jarang diadakan, sehingga warga menyambut antusias dengan ikut bergabung, tetapi kegiatan ini juga dihalangi oleh beberapa orang, terutama tukang parkir pasar yang melarang dengan alasan motor yang terparkir akan kotor terkena cipratan sungai.

“Agenda ini bagus, bahkan ada warga yang meminta untuk membersihkan sungai di lokasi rumahnya. petugas parkir sempat tidak membolehkan agenda tersebut karena khawatir terkena ke motor orang,” tuturnya.

Dampak adanya aksi ini ialah Sungai Pasar Kuripan alami pemulihan dari pencemaran, warga sekitar juga berupaya untuk menjaga sungai tersebut, serta berharap aksi serupa dapat dilaksanakan kembali.

 

Exit mobile version