DAERAH

Lomba Perahu Ketinting di Tiwingan Lama Menjadi Tontonan Menarik Bagi Masyarakat

KBK.News, MARTAPURA – Disaksikan ratusan penonton, Bupati Banjar H Saidi Mansyur kibarkan bendera start tanda dimulainya Lomba Perahu Ketinting, di Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio, Senin (8/7/2024) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, perahu ketinting merupakan salah satu alat transportasi air yang hari ini dilombakan. Kegiatan tidak hanya sebagai ajang kompetisi, akan tetapi juga membawa manfaat bagi masyarakat setempat yaitu berdampak pada perekonomian dan pariwisata.

Saidi Mansyur mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang berpartisipasi atas terselenggaranya kegiatan, seperti pihak sponsorship, Pemerintah Desa Tiwingan Lama dan para pembalap.

“Semoga event ini bisa dikelola dengan baik, untuk diselenggarakan setiap tahun dan didukung oleh masyarakat. Sehingga dapat terjalin tali persaudaraan diantara sesama,” ujar Bupati Banjar H Saidi Mansyur.

Ia juga berharap kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan panitia dan pemerintah daerah.

“Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi kepada kita semua, bisa semangat memajukan Kabupaten Banjar melalui wisata dan potensi-potensi alamnya serta para peserta lomba menjaga sportifitas,” harapnya.

Sementara itu, Pambakal Desa Tiwingan Lama Julpani, menjelaskan event ini dalam rangka hari jadi ke-74 Kabupaten Banjar yang sudah ditunggu masyarakat khususnya kecamatan Aranio untuk melestarikan alat transportasi danau.

“Banyak potensi pariwisata di Kecamatan Aranio yang perlu dikembangkan termasuk di Desa Tiwingan Lama,” katanya.

Julpani menyebut jumlah peserta yang mengikuti lomba perahu ketinting sebanyak 32 orang dari 12 desa se Kecamatan Aranio. Masing-masing kelas bebas 20 orang, kelas 6 HP (Horse Power) 8 orang, dan Kelas 14 HP sebanyak 4 orang. Peserta akan berlomba selama dua hari hingga besok (9/7/2024).

Pemenang 1,2 dan 3 akan mendapatkan 1unit mesin kapal dengan ukuran mesin 20 HP hingga 6,5 HP dari sponsor serta piala dari Bupati Banjar, Disbudporapar dan Camat Aranio.

Turut hadir menyaksikan lomba tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, para kepala SKPD, pimpinan perusda serta Forkopimcam.

Rizal News

Recent Posts

Ditreskrimsus Polda Kalsel Amankan 9,5 Ton Oli Palsu

KBK.News, BANJARMASIN - Ditreskrimsus Polda Kalsel menggelar press rilis pengungkapan kasus pembuatan oli oplosan (Palsu)… Lanjutkan Membaca

10 jam ago

Calon Bupati Banjar Syaifullah Tamliha Siap Adu Gagasan Cerdas Bangun Kabupaten Banjar

KBK.NEWS, MARTAPURA - Hadapi Pilbup Banjar 2024, Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha menawarkan adu… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Agar Tidak Disalahgunakan, Polsek Banjarbaru Utara Musnahkan 19 Batang Pohon Kecubung

KBK.News, MARTAPURA - Polsek Banjarbaru Utara menggelar pemusnahan pohon kecubung yang tumbuh di wilayah hukumnya,… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Pemprov Kalteng Lakukan Pencegahan Abrasi Pantai Dengan Vegetasi Tanaman Bakau

KBK.NEWS, SUKAMARA - Pemprov Kalteng melakukan penanaman pohon atau Vegetasi Tanaman bakau (mangrove) guna mengatasi… Lanjutkan Membaca

20 jam ago

Tegakkan Disiplin Berlalu Lintas, Polres Banjar Gelar Operasi Patuh Intan 2024

KBK.News, MARTAPURA - Selama 14 Hari, Polres Banjar akan menggelar Operasi Patuh Intan 2024. Operasi… Lanjutkan Membaca

21 jam ago

Diduga Korupsi Kuota Haji KPK Didesak Tangkap Menteri Agama

KBK.NEWS, JAKARTA - Ketua Umum PP PERISAI, Chandra Halim mendesak KPK menangkap Menteri Agama dan… Lanjutkan Membaca

1 hari ago