Kantor Berita Kalimantan

Memasuki Musim Hujan, Wakil Ketua DPRD Banjar Rizanie Anshari Ingatkan BPBD Siaga Banjir

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Banjar, Ahmad Rizanie Anshari. (Foto : Rizal)

KBK.News, MARTAPURA – Tingginya curah hujan di wilayah Kalsel, salah satunya di Martapura, membuat tinggi air sungai mengalami kenaikan dan membuat banjir di beberapa wilayah, termasuk di Martapura, Rabu (17/1/2024).

Diberitakan sebelumnya, curah hujan yang tinggi mengakibatkan jalan di Desa Labuan Tabu, Kecamatan Martapura, terendam banjir dan ketinggian air sudah hampir memasuki rumah warga.

Curah Hujan Tinggi, Wilayah Martapura Mulai Terendam Banjir. (Foto : Nurul)

Oleh karena itu, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Banjar, Ahmad Rizanie Anshari, mengingatkan warga agar tetap waspada terhadap bahaya banjir.

Rizanie menyampaikan, pada musim penghujan, warga yang tinggal di tempat rawan banjir atau dataran rendah luapan sungai harus selalu berhati-hati dan waspada.

“Saya kembali menghimbau kepada seluruh warga di Kabupaten Banjar, terutama yang tinggal di bantaran atau tepian sungai Martapura, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir,” ujar Rizanie kepada KBK.News, Rabu (17/1/2024) siang.

Selain itu, lanjut Rizanie, ia menyampaikan akan pentingnya persiapan dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar terkait kelengkapan penanganan bencana.

“Tentunya BPBD kita diharapkan turun langsung ke daerah-daerah yang berpotensi mengalami banjir,” sebutnya.

Rizanie juga menyoroti tanggap bencana di tingkat desa, yang mana langkah-langkah konkret dan bantuan untuk masyarakat perlu dipertimbangkan.

“Komunikasi dengan instansi terkait seperti kesehatan, sosial, bahan makanan, dan sebagainya harus terus diperhatikan dalam upaya mengatasi dampak banjir,” tutup Politisi NasDem ini.

Exit mobile version