DAERAH

Menjelang Penetapan DCT, Bawaslu Banjar Menggelar Rakoor Penyelesaian Sengketa

MARTAPURA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar menggelar rapat koordinasi pelaksanaan sengketa proses pencalonan presiden dan wakil presiden, serta anggota DPR, DPD, dan DPRD, Selasa (17/10/2023).

Rakoor yang digelar di Hotel Aston, Kecamatan Gambut tersebut, mengangkat tema “Penyelesaian sengketa proses pemilu untuk mewujudkan tujuan hukum secara universal”, dan dibuka langsung oleh M Hafidz Ridha, selaku Ketua Bawaslu Banjar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Komisioner KPU Banjar, Panwascam, perwakilan parpol, mahasiswa, tokoh masyarakat, awak media, dan beberapa tamu undangan lainnya.

“Kami berharap hasil dari rakoor ini, semua peserta memahami bahwa ada regulasi-regulasi yang mengatur, sehingga kemudian jangan sampai kehilangan momentum itu hanya gara-gara tidak mengerti di aturan atau di regulasi nya,” Ujar Ketua Bawaslu Banjar, M Hafizh Ridha.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Banjar, Koordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Ramlianoor, mengatakan tujuan diadakan nya Rakoor tersebut adalah untuk memberikan pemahahaman kepada Parpol dan Panwascam untuk menghadapi penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

Komisioner Bawaslu Banjar, Koordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Ramlianoor, dan Ketua Bawaslu Banjar M Hafizh Ridha. (Foto : Rizal)

“Untuk Parpol, perihal menghadapi masa ditetapkan nya DCT oleh KPU, dan untuk Panwascam bagaimana mereka bisa memahami sengketa antar peserta Pemilu nanti pada saat masa kampanye,” jelas Ramliannoor.

Ramli menyebutkan, pada saat tahapan penetapan DCT oleh KPU, sangat rentan berpotensi terjadinya sengketa oleh penyelenggara Pemilu.

“Jika ada salah satu dari Bacaleg yang masuk dalam DCS tidak masuk DCT, maka mereka punya hak untuk mengajukam permohonan penyelesaian sengketa pemilu di Bawaslu Banjar,” bebernya.

Untuk penyelesaian sengketa antar peserta pemilu, lanjut Ramli, penyelesaian sengketanya akan lebih cepat dan tanpa biaya. Hal tersebut, tambah Ramli, dilaksanakan dilapangan secara langsung.

“Misalnya terkait dengan zonasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK), ini sering terjadi pada saat masa kampanye,” tutupnya.

Rizal News

Recent Posts

Polda Kalsel Resmi Pindah Markas ke Banjarbaru

KBK.News, BANJARBARU - Polda Kalsel menggelar upacara perpindahan Markas Komandan, upacara tersebut ditandai dengan berpindahnya… Lanjutkan Membaca

18 menit ago

Mulai Besok Jamaah Haji Asal Kalsel Pulang Ke Tanah Air

KBK.NEWS, MADINAH - Mulai besok jamaah haji Kalsel gelombang pertama debarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin pulang… Lanjutkan Membaca

3 jam ago

Karhutla Mulai Terjadi di Wilayah Tumbang Nusa Kalteng

KBK.NEWS, PULANG PISAU - Ancaman Karhutla mulai terjadi di Kalimantan Tengah (Kalteng) kebakaran terpantau di… Lanjutkan Membaca

4 jam ago

Piala Eropa, Gol Bunuh Diri Italia Loloskan Spanyol

KBK.NEWS, GELSENKIRCHEN - Gol bunuh diri bek Italia, Riccardo Calafiori di menit ke-55 pastikan Timnas… Lanjutkan Membaca

7 jam ago

HM Iqbal : Penanganan Stunting di Kabupaten Banjar Belum Maksimal Karena Kurang Koordinasi Antar Instansi

KBK.News, MARTAPURA - Beberapa instansi yang melakukan penanganan stunting di Kabupaten Banjar dianggap kurang kerjasama… Lanjutkan Membaca

10 jam ago

Besok, Markas Polda Kalsel Secara Resmi Akan Pindah ke Banjarbaru

KBK.News, BANJARBARU - Besok, Jumat (21/6/2024) seluruh Anggota Polda Kalsel akan berkantor di Markas yang… Lanjutkan Membaca

1 hari ago