Site icon Kantor Berita Kalimantan

Mentan Kampanyekan Optimalisasi Lahan Di Kalsel

Mentan Syahrul Yasin Limpo Ke Kalsel Untuk Kampanyekan Optimalisasi Lahan Agar Produksi Padi Meningkat dan Menjadi Lumbung Pangan Nasional, Senin (31/8/2020).

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) kampanyekan optimalisasi lahan, dan melakukan panen padi di Gapoktan Harapan Maju, Handil Mesjid, Desa Anjir Pasar Lama, Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala. Pada kesempatan ini Mentan kampanyekan berharap Kalsel menjadi bagian dari lumbung pangan nasional.

Hal tersebut menurut Mentan bisa dilakukan diantaranya dengan penggunaan varietas hibrida yang dapat menghasilkan produksi padi lebih banyak.

“Sekarang ini varietas padi yang ditanam masih banyak yang lokal, dan hasilnya tidak sebanyak menggunakan varietas hibrida. Kita ingin tahu pergantian musim berikutnya dengan varietas unggul, satu hektar bisa 5 sampai 7 ton, dicoba di sini ya” tegasnya, Senin (31/8/2020).

Pada kesempatan ini Syahrul Yasin Limpo juga menyampaikan pentingnya program intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian, dan salah satunya dengan optimalisasi lahan rawa. Melalui perbaikan sistem tata kelola air, rehabilitasi irigasi, maka kualitas kesuburan lahan rawa dapat meningkatkan produksi padi.

Exit mobile version