Site icon Kantor Berita Kalimantan

Menyambut Bulan Ramadhan, Pemkab Banjar Menggelar Festival Lomba Bacatuk Dauh

MARTAPURA – Menjelang Bulan Ramadhan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudporapar) Kabupaten Banjar mengadakan Festival lomba Bacatuk Dauh, Senin (20/3/2023).

Sebanyak 28 grup peserta bacatuk dauh dari wilayah Kabupaten Banjar turut berpatisipasi untuk memenangkan perlombaan yang diadakan terakhir kali pada Tahun 2019 tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudporapar) Kabupaten Banjar, Tisnohadi Harimurti.

“Jadi untuk tahun ini pesertanya kita khususkan untuk Kabupaten Banjar saja, tidak seperti Tahun 2019 yang membuka peserta dari kabupaten/kota lain,” ujar Tisnohadi.

Babak penyisihan lomba bacatuk dauh akan diselenggarakan selama 3 hari, dari tanggal 20 Maret 2023, sampai dengan tanggal 23 Maret 2023.

” Di penyisihan, kits akan menyaring 9 grup yang akan ditampilkan lagi di babak final yang akan dilaksanakan didepan kantor bupati pada malam 21 Ramadhan sekaligus memeriahkan malam salikur,” sebutnya.

Dirinya menambahkan, dalam penilaian juri, ada 3 kategori, yakni yang paling tinggi bobotnya ada dari gerakan, lalu syair, dan dari segi penampilan pakaian peserta.

” Nantinya untuk yang juara 1 kalo tidak salah hadiahnya Rp 7,5 juta juara dua Rp 6,5 juta dan juara Rp 3 ada 5 juta,” pungkasnya

Exit mobile version