Site icon Kantor Berita Kalimantan

Merugi, Cinema XXI Duta Mall Banjarmasin Terpaksa Tutup

Merugi, Cinema XXI Duta Mall Banjarmasin Terpaksa Tutup , Karena Besarnya Biaya Operasional Dan Tidak Sebanding Dengan Pemasukan Yang Diterima, Jumat (16/7/2021).

Dalam upaya mengendalikan penyebaran Covid-19, sangat berdampak terhadap sektor perekonomian tak tekecuali di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Salah satunya, Bioskop Cinema XXI atau yang akrab disebut Studio 21 Duta Mall Banjarmasin juga akan tutup sementara. Hal ini seperti bioskop di wilayah Jawa dan Bali yang juga tutup atau tidak beroperasi sementara.

Humas Duta Mall Banjarmasin, Yenny Purnawati mengatakan, Cinema XXI jika tetap buka tentu tidak sebanding dengan biaya operasional perharinya.
Sejak awal sebelum PPKM darurat diberlakukan 10 studio yang beroperasi, tetapi sekarang hanya bisa 4 studio

“Biaya operasiaonal satu kali tayang film tidak bisa menutupi pemasukan karena penurunan pendapatan,” jelasnya, Jumat (16/7/2021).

Selain itu, ungkap Yenny, hal yang mendasari studio 21 terancam tidak beroperasional karena suplai film baru yang tidak akan ada.

“Kalau suplai film yang baru misalkan cuma 4 XXI di indonesia kan mereka juga rugi,” ujarnya.

Yenny mengatakan, kerugian XXI diperkirakan mencapai miliaran rupiah perharinya untuk menutupi biaya operasional jika tetap buka.

“Kalau kapasitas yang ada hanya 100 orang karena kita berjarak, 4 studio pendapatan 50 juta, itu pun untuk tiket sekali tayang saja, belum lagi cafe dan lainnya,” ungkapnya.

Bahkan dipastikan akan ada pengurangan jumlah puluhan karyawan yang baru saja di panggil untuk bekerja pada awal tahun.

“Sebanyak puluhan karyawan bakal kembali dirumahkan nantinya jika operasional nya berhenti sementara,”bebernya.

Karena diakui, sejak ada penerapan PPKM mikro tarffic Mall juga menurun drastis dalam dua pekan ini.

“Karena mall pengunjungnya juga turun dalam dua pekan ini, hal ini juga dirasakan teman-teman secara nasional,” tandasnya.

Kendati demikian, ungkap Humas Duta Mall Banjarmasin, upaya studio 21 dalam menghentikan sementara operasionalnya adalah bentuk dukungan kepada pemerintah. Dukungan tersebut adalah dalam upaya mencegah semakin luasnya penyebaran Covid-19

“Semoga bisa dikendalikan lagi penyebaran Covid-19 agar roda perekonomian bisa bangkit lagi. Mari sama-sama kita dukung pemerintah dengan berdoa dan berjuang agar Indonesia cepat pulih dan XXI bisa beroperasi lagi,”  pungkasnya.

 

Exit mobile version