Site icon Kantor Berita Kalimantan

Meski Bukan Primadona Lagi, Angkutan Jalur Sungai Masih Bertahan di Kalimantan

Angkutan Penumpang dan Barang di Dermaga Pasar Lima Banjarmasin.

KBK.NEWS, BANJARMASIN – Meski bukan primadona lagi, kapal angkutan penumpang dan barang jalur sungai masih bertahan melayani masyarakat di bantaran sungai di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Selasa (21/5/2024).

Pelabuhan Ujung Murung dan Pasar Lima di Banjarmasin masih ada kapal barang dan penumpang yang sandar. Kapal barang dan penumpang ini melayani dengan berbagai rute di wilayah Kalsel dan Kalteng,

Meski tidak seramai di tahun 80 dan 90 an, namun angkutan penumpang dan barang tetap berjalan, khususnya melayani masyarakat yang berada di bantaran sungai, seperti Sungai Martapura, Sungai Barito, Sungai Kapuas dan lainnya.

” Ya masih lumayan angkutan barang dan penumpang di Pelabuhan Pasar Lima ini. Umumnya barang yang diangkut adalah milik para pedagang, contoh barang ini akan diangkut ke Bahaur, Kalteng (Kalimantan Tengah),” jelas Anang, buruh angkutan barang, Selasa (21/5/2024).

Kalau dibanding 25 tahun yang lalu, beber Anang, jumlah penumpang dan barang sekarang ini sangat jauh berkurang. Hal itu akibat sekarang ini angkutan jalan darat sudah tersedia, sehingga sebagian besar sudah tidak lagi menggunakan transportasi air.

” Alhamdulillah angkutan transportasi air atau jalur sungai ini masih berjalan, sehingga kami disini masih bisa bekerja,” ungkap Anang yang kini sudah berusia 57 tahun ini.

 

 

Exit mobile version