Site icon Kantor Berita Kalimantan

Meskipun Bukan Hari Libur, Candi Prambanan Selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan Lokal dan Asing

Meskipun Bukan Hari Libur, Candi Prambanan Selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan Lokal dan Asing. (Foto : Rizal)

KBK.News, YOGYAKARTA – Candi Prambanan yang terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal bahkan mancanegara, Kamis (24/10/2024).

Meskipun bukan hari libur, dari pantauan KBK.News Kamis (24/10) sore, nampak kawasan Candi Prambanan dipadati oleh masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari siswa sekolah, organisasi masyarakat, hingga turis dari mancanegara datang untuk menikmati keindahan pemandangan Candi Prambanan.

Saat mengunjungi Candi Prambanan, pewarta berangkat dari salah satu hotel di Malioboro, dengan jarak tempuh kurang lebih 15 KM, pewarta sampai ke tempat tersebut kurang lebih 45 menit dengan menggunakan kendaraan roda 2.

Sementara untuk biaya masuk Candi Prambanan, dikenakan biaya Rp 50.000 untuk dewasa, dan Rp 25.000 untuk anak anak (3 sampai 10 tahun) per orang.

Salah satu pengunjung asal Kalimantan Selatan, Sukma, mengatakan dirinya sudah lama ingin berkunjung ke Candi Prambanan, selain dikenal dengan keindahannya, Sukma menganggap Candi ini juga memiliki nilai sejarah yang sangat kuat.

“Ya kemarin sudah niat saya, kalau jalan-jalan ke Jogja pengen kesini (Candi Prambanan), disini kultur budaya nya sangat terasa, meskipun tadi sempat berjalan kaki lumayan jauh saat keluar dari candi ke tempat parkir, saya merasa puas dengan keindahan dan pelayanan yang baik,” ujar Sukma.

Dari data yang didapatkan di Wikipedia, Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara.

Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Exit mobile version