Site icon Kantor Berita Kalimantan

Meskipun Molor, KPU Banjar Akhirnya Selesaikan Rekapitulasi Tingkat Kabupaten

KBK.News, BANJARBARU – Meskipun molor beberapa jam, akhirnya rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan perhitungan suara Pemilu 2024 KPU Kabupaten Banjar bisa diselesaikan, Rabu (6/3/2024) dinihari, di Hotel Novotel, Banjarbaru.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Paramasan, menjadi kecamatan terakhir yang menyampaikan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 KPU Kabupaten Banjar.

Padahal, sebelumnya KPU Kabupaten Banjar menjadwalkan pada Selasa (5/3/2024) pukul 23.59 Wita, rapat pleno tersebut sudah diselesaikan. Namun jadwal tersebut terpaksa molor diakibatkan beberapa kali skorsing saat perhitungan suara PPK Paramasan.

“Alhamdulillah, hari ini berakhir sudah rapat pleno kita, penyampaian PPK di 20 Kecamatan se-Kabupaten Banjar, dengan kondisi lancar, dan sesuai prosedur” ujar Ketua KPU Banjar Nor Aripin.

Aripin menyebutkan, adanya beberapa perdebatan saat pleno berlangsung, menandakan bahwa rapat pleno tersebut masih dalam suasana demokratis.

Ia membeberkan, permasalahan di Kecamatan Paramasan masih dalam kondisi blankspot dan itu masih dirasakan di Kecamatan Paramasan. Apalagi, jarak antara kantor mereka ke Paramasan menempuh waktu kurang lebih 6 jam.

“Kalau sudah masuk kawasan di sana, sinyal itu susah sekali, tak bisa ngapa-ngapain. Jelas itu jadi kendala otomatis sangat berpengaruh terhadap proses input rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu,” bebernya.

Saat ini, ada dua kecamatan yang masih dalam kondisi blankspot alias tak ada jaringan internet yakni Telaga Bauntung dan Paramasan.

“Semoga kedepan didukung untuk kelancaran Pemilu ini dan nanti untuk Pilkada 2024. Nah, infomasinya di kantor kecamatan itu saja yang mendapat sinyal itu pun mereka menggunakan wifi disana,” tutupnya.

Exit mobile version