Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete
DAERAH HUKUM & KRIMINAL

Mulai Hari Ini Polres Banjar Gelar Operasi Zebra Intan 2019

Mulai Hari Ini Polres Banjar Gelar Operasi Zebra Intan 2019 dan akan dilaksanakan selama 14 hari dari 23 Oktober sampai dengan 5 November 2019 dengan tertib berlalulintas di masyarakat (23/10/2019).

Polri mulai hari ini menggelar Operasi Zebra secara serentak di seluruh Indonesia. Di Kabupaten Banjar kegiatan ini juga digelar dan dan dimulai dengan Gelar Pasukan Operasi Zebra Intan 2019 (23/10/2019).

IMG 20191023 WA0016
Operasi Zebra Intan 2019 Polres Banjar

Dalam apel gelar pasukan dengan inspektur upacara Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete. Pada kesempatan ini ia membacakan sambutan Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani yang menyampaikan kegiatan operasi Zebra Intan 2019 ini. Operasi Zebra Intan dilaksanakan mengutamakan tindakan kepolisian dibidang Lalu Lintas, yakni Represif 80 persen, Preemtif 10 persen, dan Preventif 10 persen.

“Dari ketiga kegiatan tersebut, saya harapkan dilakukan dengan tindakan kepolisian yang humanis, dengan mengedepankan 3S, Senyum, Sapa, Salam,” ucap Takdir membacakan sambutan Kapolda Kalsel (23/10/2019).

Dijelaskan juga sasaran Operasi Zebra Intan 2019 yang akan dilaksanakan, yakni menyesuaikan dengan trend karakteristik di kewilayahan. Misalnya, keabsahan surat-surat kendaraan yang tidak sesuai dengan ketentuan perturan perundang-undangan (STNK dan TNKB).

Selanjutnya, disasar pengemudi yang tidak memiliki SIM, Pengemudi roda dua atau empat yang menggunakan lampu isyarat lalu lintas rotator atau strobo. Selain itu mobil yang melanggar berat muatan, dan yang tidak sesuai peruntukkan, tidak layak jalan, termasuk pengemudi dibawah umur.

“Operasi ini tujuannya agar masyarakat tertib dan patuh berlalulintas serta menekan angka laka lantas yang membahayakan masyarakat itu sendiri,” tutur AKBP Takdir Mattanete.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *