Site icon Kantor Berita Kalimantan

Musim Kemarau, Karhutla Mulai Melanda Kabupaten Banjar

Musim Kemarau, Karhutla Mulai Melanda Kabupaten Banjar. (Foto : RSB)

KBK.News, MARTAPURA – Memasuki musim kemarau, telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)di Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Senin (12/8/2024) siang.

Karhutla yang terjadi dan membakar semak belukar di belakang Makam Datu Bagul tersebut merupakan kali pertama terjadi sejak berdirinya Posko Siaga Bencana Karhutla oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar.

Tim gabungan BPBD Kabupaten Banjar, terdiri dari TNI/Polri, PMI, EBR dan sejumlah relawan lainnya berupaya memadamkan api. Proses pemadaman api sedikit terkedala lantaran api mengendap dibawah hingga petugas gabungan mengalami kesulitan menjinakkannya.

Kendala lainnya titik api berada cukup jauh dan sulit dijangkau oleh tim, hingga proses pemadaman berlangsung cukup lama.

“Penanganan juga terkendala akses yang jauh berada ditengah-tengah,” ujar Hafiz Ketua Regu.

Untungnya air untuk memadamkan api cukup banyak lantaran di lokasi terdapat sungai kecil hingga pemadaman api bisa maksimal. Tim gabungan berhasil memadamkan api sekitar 1,5 jam, sementara luasan lahan yang terbakar sekitar 1 hektare.

Hafiz juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, serta berperan aktif dalam mencegah terjadinya karhutla.

Sekedar untuk diketahui status Kabupaten Banjar saat ini siaga darurat bencana karhutla yang ditetapkan sejak 25 Juli 2024. Guna penanggulangan karhutla BPBD Banjar telah mendirikan 4 posko dan siagakan personelnya.

Posko dimaksud masing-masing 1 posko induk di BPBD, dan tiga lainnya di Kecamatan Martapura Barat dan Sungai Tabuk serta Guntung Damar.

Exit mobile version