UMUM

Musim Langsat Telah Tiba di Kalsel

Martapura – Hampir bersamaan musim Durian, Cempedak, Rambutan dan Langsat berlangsung. Akibatnya tiga jenis buah ini cukup banyak tersedia di pasaran, khususnya di Kota Martapura, Banjarbaru dan Banjarmasin.

Musim buah tahun ini di Kalimantan Selatan sedang berlangsung. Jenis buah yang paling banyak dijual oleh para pedagang,diantara Durian, Rambutan, Cempedak tersebut. Namun, dakam sepekan terakhir sudah mulai maauk jenis Buah Langsat atau sejenis Buah Duku.

Harga buah sangat bergantung dengan ketersediaan di pasaran dan juga permintaan. Karena Buah Langsat ini masih baru musim,sehingga ketersediaannya masih terbatas dan harganya maaih terbilang cukup tinggi per kilogramnya. Tetapi, Buah Langsat yang ada di pasaran saat ini berasal dari sebagian wilayah di Kabupaten Banjar, yakni dari Desa Biih, Kecamatan Karang Intan.

” Langsat ini dari Bi’ih, dan harganya Rp 15 ribu sekilonya, Pak,” ujar Nurhayati, pedagang buah di Pasar Sungai Tabuk (18/02/2018).

Berdasarkan data dan selera mereka yang suka buah ini, Langsat Tanjung dari Kabupaten Tabalong yang paling gemari. Alasannya, Langsat Tanjung terkenal manis dan gurih,sehingga harganya lebih mahal dibanding Langsat dari daerah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *