UMUM

NASIB PEMILIH PEMILU 2014 BERGANTUNG PADA SIDALIH ?

SISTEM DATA PEMILIH / SIDALIH  MERAJUK

Sekitar 2500 orang pemilih dari 9 Tempat Pemungutan Suara ( TPS) di Kecamatan Gambut dan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 9 April 2014 mendatang.  Hal itu disebabkan Sistem Data Pemilih atau Sidalih secara online tidak dapat membaca data Daftar Pemilih Tetap / DPT hasil perbaikan KPU Kabupaten Banjar untuk dikirim ke KPU Pusat.  ” Proses dan cara melakukan input data ke Sidalih Sudah sesuai, namun Sidalih tidak merespon,” kata  Ketua KPU Kabupaten Banjar Akhmad Faisal  ( 3/12/2013).
Sebagai langkah perbaikan terhadap tidak terbacanya data DPT hasil perbaikan  oleh Sidalih tersebut  ungkap Akhmad Faisal , maka KPU Kabupaten Banjar dan KPU Provinsi Kalimatan Selatan berangkat ke Jakarta untuk membawa dan menyerahkan datanya secara langsung  ke KPU Pusat. ” Dalam  peraturan dan petunjuk KPU pengiriman data Pemilih hanya melalui Sidalih, tetapi jika Sidalih bermasalah seperti saat ini, kita dan operator tidak bisa berbuat apa- apa ,” tegas Akhamd Faisal. 
Lebih lanjut  ketua KPU Kabupaten Banjar tersebut menjelaskan pihaknya tidak punya alternatif lain ketika Sidalih tidak dapat digunakan sebagai sarana satu- satunya yang diberikan untuk mengirim atau meng- input data DPT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *