Site icon Kantor Berita Kalimantan

Nilai Banyak Kejanggalan Saksi H2D Banjar Tidak Tanda Tangan

Sesuai Arahan DPD Partai Gerindra Saksi Paslon Gubernur Kalsel Nomor Urut 2 Haji Denny Indrayana – Haji Difriadi (H2D) Tolak Tanda Tangan Hasil Pleno Perolehan Suara KPU Kabupaten Banjar, Rabu (17/12/2020).

Ketua Tim Pemenangan H2D Kabupaten Banjar, Muhammad Rofiqi mengatakan, banyaknya kejanggalan dan indikasi kecurangan pada proses pemungutan dan penghitungan suara Pilgub Kalsel di Kabupaten Banjar. Hal tersebut menurutnya merugikan Paslon Gubernur Kalsel H2D, sehingga saksi tidak menghadiri dan menolak tanda tangan.

“Tadi malam kami bersama Sekretaris DPD Gerindra Kalimantan Selatan menyaksikan proses penghitungan di  Dafam. Instruksi dari DPD Partai Gerindra Kalimantan memang tidak untuk ditandatangani, bahkan saya tidak melihat kehadiran saksi kami,” jelasnya, Kamis (17/12/2020) pagi.

Kemudian Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Banjar ini mengungkapkan, ketika ia di Dafam ada PPK yang bertemu dengannya dan mengakui ada kesalahan dalam penghitungan suara pilgub. Hal ini diduga juga terjadi di beberapa kecamatan lainnya di Kabupaten Banjar, karena itu tegas Muhammad Rofiqi, pihaknya tidak mau bertanggung jawab atas penetapan perolehan suara yang dilakukan KPU Banjar.

“Kami nilai terjadi indikasi keanehan bagi kami di Tim Pemenangan H2D, makanya kami tidak mau bertanggungjawab. Perlu diketahui juga, dari pengalaman di Kabupaten Banjar ini jangan surat suara atau kotak suara, orangnya PPK saja bisa hilang dan untuk itu dipertanyakan apakah KPU Kabupaten Banjar ini independen,” tegas politisi muda Partai Gerindra ini.

Terpisah, Ketua KPU Banjar Muhaimin menjelaskan, meski ada salah satu paslon yang absen tandatangan, hal itu tidak menghambat proses selanjutnya. Karena menurutnya pasti ada pihak-pihak yang tidak sependapat dengan penetapan perolehan suara.

“KPU tidak bekerja sendirian, tetapi juga ada pengawas, saksi, dan pemantau. Jika ada kekeliruan sudah diselesaikan di tingkat bawah, jika tidak itu akan berlanjut ke jenjang selanjutnya,” pungkas Muhaimin.

Rapat pleno KPU Kabupaten Banjar yang menetapkan perolehan Bupati dan Wakil Bupati Banjar serta Pilgub Kalsel yang ditutup tadi malam di salah satu hotel di Banjarbaru. Berdasarkan hasil rekapitulasi, Paslon 01 BirinMu memperoleh total 171.874 suara, sedangkan Paslon 02, Denny Indrayana – Difriadi Darjat (H2D) memperoleh total 103.512 suara.

Exit mobile version