Site icon Kantor Berita Kalimantan

Ormas HAKA Tegaskan Siap Kawal Pembangunan IKN

BANJARMASIN – Organisasi Masyarakat (Ormas) Harimau Kalimantan Bersatu (HAKA) menggelar deklarasi dengan mengangkat tema, menuju Kalimantan Kondusif, Maju dan Berkembang, Sabtu (4/3/2023) siang.

Latar belakang dibentuknya HAKA tersebut, berasal dari aspirasi masyarakat yang diserap. Salah satunya terkait dengan kebijakan Pemindahan IKN (Ibu Kota Negara) serta tentang Pemilu 2024 baik itu legislatif maupun eksekutif.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum HAKA Sumarko saat mendeklarasikan HAKA. Dirinya mengatakan Organisasi masyarakat (ormas) yang pihaknya sudah mendirikan HAKA sejak tanggal 10 Februari 2023 yang lalu.

” Kita juga membahas tentang kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Pulau Kalimantan, termasuk stabilitas keamanan negara dan bangsa yang akhir-akhir ini kami nilai cukup rentan dan mengkhawatirkan terutama bagi generasi muda yang tak terlepas dari dunia maya atau massifnya aplikasi medsos,” jelas Sumarko.

Marko menegaskan HAKA siap berdiri untuk mengawal pemilu legislatif, Pilpres dan Pilkada tahun 2024 agar berjalan lancar dan damai serta melakukan kampanye agar partisipatif masyarakat meningkat sehingga angka Golput menurun.

” Bagaimanapun, pemilu itu berjalan dari asas LUBER JURDIL, yakni Langsung ,umum bebas rahasia, jujur dan adil,” sebutnya.

Selain itu, Ketum HAKA yang merupakan Aktivis 98 di Kalimantan tersebut, menerangkan bahwa HAKA siap mendukung dan mensosialisasikan figur Pemimpin baik ditingkat pusat maupun daerah yang pihaknya pilih dan nilai sangat berkompeten, kredibel, berintegritas tinggi dan visioner.

“Sebab daerah Kalimantan ini memiliki sumber daya alam yang sangat luar biasa maka perlu pemimpin yang kuat dalam mengupayakan penyerapan ketenaga kerjaan yang sangat besar sehingga kesejahteraan dapat terwujud merata,” terangnya.

Dirinya menambahkan HAKA akan konsisten mengawal, mengawasi dan mendukung pemindahan IKN dan pembangunan infrastruktur fasilitas public yang dapat memberikan dampak positif dan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat kalimantan.

” Dan selain itu, dalam upaya meningkatkan stabilitas keamanan daerah, HAKA pun akan turut ambil bagian dalam bermitra dengan aparat Kepolisian, TNI dan Pemerintah Daerah,
Stabilitas keamanan yang dimaksud adalah membantu menekan penyebaran faham faham radikalisme melalui edukasi, menangkal penyebaran berita hoax, khususnya kepada generasi muda,” tutupnya

Exit mobile version