Site icon Kantor Berita Kalimantan

Padat Kunker, Lebih 70 persen Raperda Belum Diselesaikan DPRD Banjar

MARTAPURA – Diduga jadwal kunker anggota DPRD Banjar terlalu padat, sehingga rapat penting Banmus dan Paripurna digeser, bahkan lebih 70 persen Raperda belum selesai dibahas, Selasa (30/11/2021).

Diduga karena sibuk dengan jadwal kunjungan kerja (Kunker) keluar daerah, maka kegiatan hal yang lebih penting untuk mewakili kepentingan rakyat terabaikan oleh anggota DPRD Banjar. Kegiatan penting yang menjadi tugas pokok para wakil rakyat seperti Rapat Badan Musyawarah (Banmus) dan Rapat Paripurna yang membahas sejumlah Raperda menjadi molor, tergeser, bahkan terjadi penundaan.

Berdasarkan hasil rapat Banmus DPRD Banjar, Sabtu (27/11/2021) lalu disepakati Rapat Paripurna DPRD Banjar akan digelar pada, Selasa (30/11/2021). Salah satu agenda penting dalam rapat ini, yakni pandangan akhir fraksi-fraksi di DPRD Banjar tentang APBD Tahun 2022, dan pengambilan keputusan terhadap Raperda APBD Kabupaten Banjar Tahun 2022.

Kinerja DPRD Banjar 

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, molornya rapat Banmus dan Rapat Paripurna DPRD Banjar yang diduga akibat padatnya kunker ini sangat berdampak pada kinerja anggota DPRD Banjar dalam menyelesaikan Raperda. Bahkan dari 17 Raperda di Tahun 2021 ini, hingga berita ini diturunkan, hanya 4 yang telah berhasil diparipurnakan. Sedangkan 4 Raperda yang lain yang telah selesai adalah Raperda yang tersisa di Tahun 2020.

Keempat Raperda Tahun 2021 yang sudah selesai diparipurnakan sebagai berikut :

1. RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH (RPJMD) KABUPATEN BANJAR TAHUN 2021 – 2026.

2.PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN APBD TAHUN ANGGARA 2020.

3.PERUBAHAN APBD TAHUN ANGGARAN 2021.

4. PERUBAHAN ATAS PERDA KAB BANJAR NO 13 TAHUN 2016 TENTANG PEMBENTUKAN DAN SUSUNAN PERANGKAT DAERAH (SOTK).

DAFTAR RAPERDA YANG SUDAH DAN BELUM SELESAI DI RAPAT PARIPURNAKAN DPRD BANJAR, KLIK DISINI!

Daftar Raperda yang sudah dan belum dibahas DPRD Banjar

Kalau dilihat data ini, maka Raperda yang telah berhasil diselesaikan oleh para wakil rakyat di DPRD Banjar hanya 23,5 persen saja. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan kunker yang diduga selalu kourum dan tidak tergeserkan, dan bahkan hampir 100 persen terlaksana.

Terkait dengan padatnya jadwal kunker dan tergesernya jadwal Rapat Paripurna, serta kecilnya Raperda yang telah selesai dibahas ini, sejumlah anggota DPRD Banjar memilih diam saat dimintai komentarnya. Alasannya, karena tidak ingin membicarakan kinerja mereka sendiri dan juga tidak ingin memunculkan masalah dengan rekan-rekan sesama Anggota DPRD Banjar.

JADWAL KUNKER ANGGOTA DPRD BANJAR BULAN NOVEMBER 2021, SILAKAN KLIK! 

 

Exit mobile version