Site icon Kantor Berita Kalimantan

Pansus PT Baramarta DPRD Banjar Punya Hutang dan PR Besar

Masyarakat bersama LSM menggelar aksi unjuk rasa menuntut dibentuknya Pansus PT Baramarta di depan Kantor Bupati Banjar di Martapura (Foto Dok kbk.news).

KBK.NEWS, MARTAPURA – Pansus PT Baramarta DPRD Kabupaten Banjar punya hutang dan PR besar untuk menyelesaikan tugasnya, karena hingga berganti tahun 2024 belum mampu membawa ke rapat paripurna, Minggu (31/12/2023).

Lebih satu bulan sejak berakhir masa tugas Pansus PT Baramarta DPRD Kabupaten Banjar, namun hasil pekerjaan para anggota Pansus belum ada hasilnya yang disampaikan kepada masyarakat Kabupaten Banjar. Hal ini selain menjadi tanda tanya besar juga menjadi PR (pekerjaan rumah) besar bagi anggota Pansus agar tidak muncul tudingan negatif atas kinerja mereka.

Hasil Pansus PT Baramarta Gagal Dibawa Ke Rapat Paripurna DPRD Banjar

Besok, Senin (1/1/2024) sudah berganti tahun dan hasil kerja Pansus PT Baramarta DPRD Kabupaten Banjar selama 6 bulan belum ada titik terang kapan dijadwalkan untuk dibahas di rapat paripurna. Padahal Pansus PT Baramarta sudah meminta keterangan ke berbagai pihak, seperti ke jajaran manajemen PT Baramarta, Dewas PT Baramarta, kontraktor, Kementerian ESDM, BPK RI, dan Kemendagri.

PT Baramarta Terlilit Utang Rp 427 Miliar, DPRD Banjar Tidak Ingin Nasibnya Seperti PT BIM

Berdasarkan sejumlah informasi yang didapat dari hasil Rapat Pansus PT Baramarta, sudah ada temuan dugaan pengangkatan direktur yang tidak sesuai PP (Peraturan Presiden). Selain itu juga ditemukan perbedaan nilai jual batu bara dengan harga pasar dunia, perusahaan yang rugi tetapi masih bisa membayar deviden dan perbedaan laporan keuangan antara kontraktor dengan PT Baramarta.

Pansus Baramarta Dapat Temuan Baru Perbedaan Laporan Keuangan Antara PT Baramarta Dengan Perusahaan Mitra Kerja

Belum diketahui apakah tindakan yang diambil oleh Ketua Pansus PT Baramarta DPRD Kabupaten Banjar, Heru Pribadi Jaya bersama anggotanya untuk menyelesaikan PR besar mereka tersebut. Padahal tujuan dari dibentuknya Pansus adalah untuk memperbaiki kinerja PT Baramarta agar bisa sehat dan terbebas dari utang lebih dari Rp 400 miliar yang menjeratnya, sehingga bisa memberikan kontribusi PAD yang lebih riil bagi Kabupaten Banjar.

Pansus PT Baramarta Bingung, Perusahan Merugi, Tetapi Masih Bisa Membagi Deviden

PT Baramarta adalah BUMD milik Pemkab Banjar yang kini berbentuk Perseroda. PT Baramarta adalah perusahaan flat merah yang bergerak di sektor pertambangan batu bara.

LSM dan Ormas Kalsel Sodorkan Surat Tuntutan Pembentukan Pansus PT Baramarta

 

Exit mobile version