Kantor Berita Kalimantan

Pansus PT BIM DPRD Banjar Temukan Fakta Penjarahan Penambang Ilegal

Sidak Pansus PT BIM DPRD Banjar Temukan Fakta Penjarahan Penambang Ilegal Di Eks Lahan PKP2B, Selasa (16/8/2022) foto : Istimewa.

MARTAPURA – Pansus PT BIM DPRD Kabupaten Banjar saat Sidak temukan fakta penjarahan oleh penambang ilegal di lahan konsesi bekas PKP2B PT BIM yang izinnya dicabut Kementerian ESDM, Rabu (17/8/2022). 

Laporan adanya penjarahan oleh penambang ilegal di lahan bekas PKP2B PT BIM yang disampaikan LSM KAKI Kalsel ke Kejati dan Polda Kalsel, Senin (15/8/2022) ternyata bukan pepesan kosong. Hal itu terbukti setelah satu hari kemudian, Selasa (17/8/2022) Tim Pansus PT Banjar Intan Mandiri (BIM) DPRD Banjar sidak langsung ke lapangan dan memergoki ada aktivis tambang batu bara ilegal (illegal mining).

Sidak Pansus PT BIM DPRD Banjar Temukan Fakta Penjarahan Penambang Ilegal Di Eks Lahan PKP2B.
Sidak Pansus PT BIM DPRD Banjar Temukan Fakta Penjarahan Penambang Ilegal Di Eks Lahan PKP2B (Foto Istimewa).

Adanya aktivitas tambang batu bara ilegal setelah dilakukan inspeksi mendadak (Sidak) oleh Pansus PT BIM DPRD Banjar dibenarkan Ketua Pansus, Saidan Pahmi.

“Jadi benar adanya informasi jika aset milik PT BIM dijarah oleh penambang ilegal. Dan itu kami dapati di lapangan saat sidak tadi siang,” jelas Saidan Pahmi, dikutip dari Linkalimantan.com, Selasa (16/8/2022).

Menurut Saidan Pahmi sidak pihaknya lakukan untuk memastikan agar aset milik PT BIM tidak dijarah penambang ilegal. Apalagi Pansus PT BIM mengetahui sebagian gugatan terhadap Kementerian ESDM oleh PT BIM terkait pencabutan izin eksplorasi tambang batubara PKP2B di Pengadilan Niaga Surabaya dimenangkan beberapa waktu lalu.

“Hari ini Tim Pansus PT BIM sudah berkunjung di dua titik lahan eks PKP2B milik PT BIM yang berada di Desa Gunung Ulin, Kecamatan Mataraman, dan menyaksikan langsung bahwa masih ada didapati aktivitas menambang ilegal yang terjadi di lahan eks PKP2B milik PT BIM,” tegas politisi Partai Demokrat ini.

Terpisah, Direktur LSM KAKI Kalsel Akhmad Husaini mengapresiasi langkah yang dilakukan Pansus PT BIM DPRD Kabupaten Banjar. Apalagi mereka mengakui adanya dugaan penjarahan dilahan bekas PKP2B PT BIM dan melihat sendiri di lapangan.

“Jadi laporan kami ke Kejati dan Polda Kalsel itu bukan pepesan kosong, karena diduga sejumlah bukti yang kuat. Kini tinggal kita tunggu apa yang akan dilakukan aparat penegak hukum,” pungkas pria yang akrab disapa Haji Usai ini, Rabu (17/8/2022). 

Exit mobile version