Panwascam Mataraman Gelar Bimtek PSU Pilgub Kalsel 2020

2 min read

Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar berikan bimbingan teknis (Bimtek) pengawasan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020, Sabtu (22/5/2021).

Bimbingan teknis (Bimtek) yang digelar di Aula Kantor PTPN XIII Kebun Danau Salak Desa Bawahan Selan ini tampak hadir anggota Bawaslu Kabupaten Banjar, Hairul Falah.

Seusai Bimtek untuk hadapi PSU Pilgub Kalsel 2020 di Kecamatan Mataraman, Hairul Falah mengatakan, Bimtek diikuti 15 Pengawas Desa yang ada di Kecamatan Mataraman. Selain dihadiri oleh jajaran Panwascam, kegiatan ini juga dihadiri anggota dari Polsek Mataraman dan anggota dari Koramil setempat.

“Bimbingan Teknis di Kecamatan Mataraman di buka secara resmi oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Mataraman, Leni Musiani Wulandari,” jelasnya.

Hairul Falah menegaskan, pada sambutannya ia menyampaikan agar seluruh pengawas desa di Kecamatan Mataraman agar menjalankan tugas secara profesional. Menurutnya, pertahanan diri adalah integritas, pertahanan lembaga adalah netralitas dan pekerjaan sebagai pengawas pemilihan adalah sebuah amanah.

“Semua itu harus diimplementasikan di lapangan saat bertugas sesuai ketentuan dalam UU 10 tahun 2016. Agar bisa bertugas dengan baik di pengawasan PSU Pilgub Kalsel 2020, maka jajaran pengawas desa harus memahami peran dan fungsi seperti amanah dari Mahkamah Konstitusi,” tegasnya.

Pada bagian akhir sambutannya, pria bertubuh gempal ini berpesan agar jajaran pengawas pemilihan di tingkat Desa menjalin koordinasi dengan pihak-pihak terkait di tingkat Desa. Misalnya koordinasi dengan PPS, Kepala Desa, Ketua RW, Ketua RT, anggota Babinsa dari TNI, anggota Babinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga masyarakat yang memiliki hak pilih.

“Mari kita sukseskan Pemungutan Suara Ulang Pilgub Kalsel 2020 yang akan digelar pada 9 Juni 2021 mendatang,” pungkas Hairul Falah.

admin

Redaktur KBK.NEWS

Berita Terkait

More From Author