Kantor Berita Kalimantan

Partisipasi Masyarakat Kabupaten Banjar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu Meningkat

Sosialisasi pengawasan partisipatif Bawaslu Banjar bersama unsur masyarakat. (Foto : Rizal)

KBK.News, MARTAPURA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar, menyatakan bahwa ari beberapa penyelenggaraan Pemilu kontribusi dari masyarakat Kabupaten Banjar mengenai pengawasan pemilu menunjukan progres yang baik, Jumat (26/7/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Muhaimin, selaku Komisioner Bawaslu Banjar, Koordiv Pencegahan Parmas dan Humas, pada Sosialisasi pengawasan partisipatif di Tree Park Hotel, Banjarmasin, Jumat (26/7/2024) pagi.

Komisioner Bawaslu Banjar, Muhaimin. (Foto : Rizal)

“Kita menyadari bahwa tanpa partisipasi masyarakat, jajaran penyelenggara tentu ada saja kekurangan, dan dengan keterlibatan masyarakat bisa jadi penyeimbang dalam proses demokrasi,” ujar Muhaimin.

Karena itulah, lanjut Muhaimin, dengan keterlibatan masyarakat, diharapkan proses demokrasi dengan istilah dari rakyat untuk rakyat itu menjadi kenyataan.

“Dari beberapa penyelenggaraan pemilu kontribusi masyarakat Kabupaten Banjar Alhamdulillah menunjukan progres yang baik,” beber Muhaimin.

“Ini terbukti masih ada masyarakat yang melaporkan warganya yang belum masuk daftar pemilih, entah karna pindah alamat, ataupun karna statusnya berubah, dan lain sebagainya,” lanjutnya lagi.

Selain peran pengawasan dari masyarakat, Muhaimin juga menambahkan akan pentingnya peran dari media untuk menyukseskan Pilkada 2024.

“Tentunya, disini peran media sangat penting untuk menyampaikan pesan-pesan demokrasi, pengawasan, dan bisa memberikan pesan agar progres partisipasi masyarakat menjadi lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banjar M Hafizh Ridha mengharapkan kegiatan tersebut bisa meningkatkan semangat pengawas di jajaran Kecamatan, serta meningkatkan partisipasi masyarakat menjelang Pilkada 2024.

“Semoga dengan kegiatan ini kawan-kawan mempunyai semangat mengawasi dan mengawal pilkada serentak agar bisa berjalan sebaik baiknya,” tutupnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut, dibuka oleh Ketua Bawaslu Banjar M Hafizh Ridha, dan dihadiri oleh Kesbangpol Banjar, KPU Banjar, Polres Banjar dan Banjarbaru, Kodim 1006 Banjar, Tokoh Agama, Mahasiswa, dan tamu undangan lainnya.

Exit mobile version