Site icon Kantor Berita Kalimantan

Pasangan H Muhidin – Hasnuryadi Berpeluang Besar Menangkan Pilgub Kalsel 2024

H Muhidin - H Hasnuryadi (Foto Istimewa).

KBK.NEWS, BANJARMASIN – Maju sebagai Bakal Calon Gubernur Kalsel di Pilkada atau Pilgub Kalsel 2024 H Muhidin yang akan Berpasangan dengan Hasnuryadi dinilai paling siap, karena kaya pengalaman dan peluang lebih besar memenangkan pesta demokrasi di Kalimantan Selatan, Rabu (22/5/2024). 

Penilaian tersebut tidak asal saja, sebab H Muhidin saat berpasangan dengan H Farid Hasan Aman di Pilkada atau Pilgub Kalsel 2015 sempat memenangkan perolehan suara versi hitung cepat. Padahal saat itu Pasangan Nomor Urut 3 H Muhidin – Farid Hasan Aman dengan Tagline Murah Senyum maju hanya lewat jalur perseorangan atau Independen, dan jejak digitalnya masih ada di media Banjarmasin Post, Rabu (9/12/2015). 

Hitung cepat yang disiarkan langsung Metro TV dan Prokal.co tersebut ketika hampir 100 persen ditutup dan perhitungan manual KPU memenangkan Pasang Nomor Urut 2 H Sahbirin Noor – Rudy Resnawan.

Sebagai catatan, pada saat itu Pasangan Nomor Urut 2, H Sahbirin Noor – Rudy Resnawan diusung koalisi 7 partai besar, yakni Golkar, PPP, PDIP, Gerindra, PKS, Hanura dan PAN.

Pada Pilkada atau Pilgub Kalsel 2015 tersebut ada tiga Paslon, yakni Nomor Urut 1 adalah Pasangan Zairullah Azhar – Sapi’i. Pasangan nomor urut 1 ini perolehan suaranya berada di peringkat ketiga.

Kemudian pada Pilkada atau Pilgub Kalsel 2020 H Muhidin maju lagi, namun dia hanya sebagai Calon Wakil Gubernur Kalsel mendampingi Calon Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan berkat dukungan elektabilitas H Muhidin pasangan ini berhasil memenangkan Pilgub Kalsel 2020 dengan mengalahkan Pasangan H Denny Indrayana – H Difriadi.

Saya kira dengan melihat jejak rekam H Muhidin sejak menjadi Wali Kota Banjarmasin, hingga 2 kali ikut Pilgub Kalsel, maka tak dapat dipungkiri ia punya pengalaman dan punya elektabilitas tinggi dibanding bakal calon lainya di Pilkada 2024 sekarang.

Dari informasi yang bermunculan sekarang ini H Muhidin bakal maju sebagai Bakal Calon Gubernur Kalsel dan akan berpasangan H Hasnuryadi Sulaiman HB. Pasangan ini tidak maju melalui jalur perseorangan, tetapi melalui partai politik.

Melihat rekam jejak dari Pasangan H Muhidin – Hasnuryadi, maka pasangan ini adalah pasangan yang paling siap dan kaya pengalaman. Kalau dari segi logistik, Pasangan H Muhidin – Hasnuryadi juga  dinilai sangat siap, bahkan tim relawan H Muhidin sejak Pilkada 2015 hingga Pilkada 2020 masih ada dan solid, serta tersebar di 13 kabupaten /kota.

Melihat data diatas, maka H Muhidin punya berpengalaman lebih, elektabilitas tinggi dan jika Dikombinasikan atau digabung dengan kemampuan Hasnuryadi, maka peluang untuk memenangkan Pilgub Kalsel 2024 sangat terbentang luas.

Dari segelintir data yang bisa disampaikan ini, maka bagi pasangan bakal calon lain di Pilgub Kalsel 2024 harus bekerja ekstra untuk bisa mengalahkan Pasangan H Muhidin – Hasnuryadi.

Berdasarkan data yang dihimpun saat ini sejumlah nama bakal calon kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada atau Pilgub Kalsel 2024. Nama-nama yang masuk bursa Pilkada Kalsel diantaranya, Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah yang juga istri Gubernur Kalsel saat ini H Sahbirin Noor. Kemudian ada juga nama lainnya, diantaranya  H Denny Indrayana, H Zairullah Azhar, Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, H Ahmad Rozanie Himawan Nugraha.

Penulis Syahminan, Pemerhati Politik dan Kebijakan Publik

Exit mobile version