HUKUM & KRIMINAL POLITIK TIPS & TRIK

Patroli Anti Money Politics Bergerak Susuri Daerah Rawan

Tanjung : Memasuki Masa Tenang Bawaslu Tabalong Gelar Patroli Anti money politics dan mulai bergerak ke 5 Kecamatan yang rawan terjadinya politik uang di pemilu 2019, Senin (15/4/2019).

Bawaslu Kabupaten Tabalong mulai kemarin bersama para pengawas pemilu dan jajaran di Sentra Gakkumdu mulai melakukan Patroli Anti Money Politics. Petugas diantaranya dari pengawas pemilu, kepolisian dan kejaksaan ini menyisir daerah yang disinyalir akan terjadi politik uang.

Komisioner Bawaslu Tabalong Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Fahmi Failasofa mengatakan, pada masa tenang sangat rawan terjadinya money politics.

“Berdasarkan hasil pantauan dan pemetaan kami, daerah rawan money politics atau politik uang, Kecamatan Haruai, Jaro, Tanta, Pugaan dan Kecamatan Banua Lawas,” jelasnya.

Fahmi menegaskan, patroli pengawasan yang pihaknya laksanakan sesuai Perbawaslu Nomor 1 Tahun 2019 Tentang pengawasan pemungutan dan penghitungan suara. Selain itu juga berdasarkan surat edaran Bawaslu RI perihal pelaksnaan patroli pengawasan di masa tenang untuk mencegah praktik money politics.

“Kami menargetkan dapat melakukan operasi tangkap tangan terhadap pelaku money politics,” tegas Fahmi Failasofa.

Patroli anti money politics yang dilaksanakan Bawaslu Tabalong bersama Sentra Gakkumdu mengerahkan 15 unit kendaraan roda 4. Tim bergerak dalam beberap unit dan menyebar ke 5 kecamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *