Site icon Kantor Berita Kalimantan

Pawai Obor Taptu Hut Ke 79 Kemerdekaan RI di Martapura

KBK.NEWS MARTAPURA – Peringati HUT Ke 79 Kemerdekaan RI Upacara Penetapan Waktu atau Taptu digelar Pemkab Banjar di Jalan A Yani Depan Kantor Bupati Banjar dengan pawai obor, Jumat (16/8/2024) malam.

Upacara Taptu dipimpin Kapolres Banjar M Ifan Hariyat sebagai inspektur dan dihadiri Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan wakilnya Habib Idrus Al Habsyie. Kemudian juga jadir unsur Forkopimda, Ketua TP PKK dan para Kepala SKPD Banjar.

Upacara Taptu ditandai dengan Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat menyalakan api obor secara simbolis kepada perwakilan peserta pawai dari pramuka. Setelah penyalaan obor acara dilanjutkan pawai obor yang disambut gembira masyarakat yang menyaksikan.

Diiringi Marching Band Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra, pawai obor yang diikuti anggota TNI/Polri, Satpol PP, Damkar, PMI, KNPI dan beberapa Ormas serta pramuka tingkat SMP dan SMA tersebut berlangsung cukup meriah. Mengambil rute dari Jalan A Yani menuju Jalan Sultan Adam, Jalan Sukaramai dan berakhir di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, upacara Taptu adalah untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang harus diteladani dan diteruskan agar perjuangan yang dilakukannya tidak sia-sia.

Taptu lanjut Saidi digelar setiap tahun sebagai kewaspadaan tokoh-tokoh bangsa terdahulu meskipun sudah merdeka.

” Begitu juga kita diingatkan, pawai obor bukan sekedar pawai tapi sebagai simbol kemerdekaan kita, yang harus diingat dan dikenang, agar perjuangan tidak luntur,” ucapnya.

Ia berharap, hari kemerdekaan yang bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Banjar menjadi spirit untuk mengisi pembangunan dengan hal yang positif.

” Kami menginginkan agar daerah ini aman dan kondusif. Siapapun yang tinggal di sini akan nyaman dan menghabiskan masa tuanya di Kabupaten Banjar,” pungkasnya.

Sumber : Suara Banjar

Exit mobile version