Site icon Kantor Berita Kalimantan

Pelayanan Uji KIR Dishub Banjar terhenti Total, Ini Penyebabnya

KBK.NEWS, MARTAPURA – Modul sensor alat ukur digital milik Dishub Kabupaten Banjar disambar petir, sehingga menyebabkan pelayanan Uji KIR terhenti total, Selasa (9/7/2024).

Pelayanan Uji KIR kendaraan bermotor di UPT KIR Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar terhenti total. Hal tersebut akibat disambar petir pada saat hujan lebat, Rabu (2/7/2023) lalu.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Banjar I Gusti Nyoman Yudiana saat dikonfirmasi membenarkan bahwa alat Uji KIR tersebut tersambar petir.

” Ya betul modul alat uji KIR kami yang ada di UPT Uji KIR tersebut disambar petir dan kini sedang perbaikan,” jelas I Gusti Nyoman Yudiana singkat saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (9/7/2024) siang.

Terpisah, Kepala UPT Uji KIR Dishub Kabupaten Banjar Kasyaf menyampaikan, bahwa modul alat sensor digital untuk pengereman tersebut rusak akibat disambar petir. Untuk perbaikan alat yang tersambar petir itu kami kirim ke Jakarta guna menjalani reparasi,” ungkap Kasyaf.

Perbaikan modul tersebut, beber Kasyaf akan memakan waktu sekitar 10 hari. Sedangkan untuk biaya perbaikan menggunakan dana di Dishub Banjar sekitar Rp 5 juta,” imbuhnya.

Untuk pelayanan Uji KIR diakui oleh Kasyaf terhenti total di UPT Uji KIR Dishub Kabupaten Banjar. Namun, pihaknya telah merekomendasikan para pemilik kendaraan bermotor untuk Uji KIR ke Dishub Banjarbaru dan Banjarmasin.

” Bagi pemilik kendaraan bermotor yang akan melakukan Uji KIR di UPT KIR Dishub Kabupaten Banjar untuk sementara kami rekomendasi ke Dishub Banjarmasin dan Banjarbaru,” tandasnya.

Pada kesempatan ini Kepala UPT KIR Dishub Kabupaten Banjar Kasyaf juga menyampaikan, kedepan pihaknya akan melakukan perbaikan terhadap alat penangkal petir yang ada.

“Alat penangkal petir di UPT ini perlu diperbaiki dan mudah – mudahan segera bisa diganti serta diperbaiki secepatnya. Kalau modul yang disambar petir itu adalah memang sudah lama, rasanya kalau tidak salah itu pengadaan di Tahun 2007 yang lalu,” ujar Kasyaf.

Pelayanan kembali akan berjalan normal kembali, ungkap Kasyaf pada awal pekan depan.

” Insya Allah perbaikan modul akan selesai awal pekan ini dan pelayanan Uji KIR segera berjalan normal kembali,” pungkasnya.

 

 

Exit mobile version