Site icon Kantor Berita Kalimantan

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rutan Polres Banjar, Wakapolres : Rutan Lama Sudah Tidak Layak Huni

KBK.News, MARTAPURA – Dikarenakan rumah tahanan (Rutan) sudah terlalu overload, Polres Banjar membangun kembali rutan dengan kapasitas yang lebih besar dan menggelar peletakan batu pertama secara simbolis, Kamis (25/7/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Wakapolres Banjar, Kompol Faisal Amri Nasution. Ia mengatakan Pengerjaannya saat ini sudah masuk minggu ke 4, yang dimulai sejak awal Juli 2024 lalu.

“Dan diperkirakan akan selesai pada tanggal 27 November 2024, serta nanti akan dilaksanakan serah terima dari Pemkab Banjar kepada Polres Banjar pada awal Desember 2024 mendatang,” ujar Wakapolres Banjar, Kompol Faisal Amri Nasution, Kamis (25/7/2024) siang.

“Tentunya kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Banjar beserta Forkopimda dan masyarakat, dari hasil kerjasama dan komunikasi yang baik sehingga kami mendapat hibah barang berupa rutan Polres Banjar,” lanjutnya lagi.

Faisal mengungkapkan bahwa kondisi rutan yang lama sudah tidak layak huni, kapasitasnya overload dan fasilitas-fasilitas penunjangnya jug sangat terbatas.

“Sehingga kami berkomunikasi dengan Pemkab Banjar dan Alhamdulillah saat ini proses pembangunan rutan sudah berjalan. Dan nantinya setelah selesai ada blok tahanan laki-laki dewasa, tahanan wanita, dan blok tahanan anak anak,” sebutnya.

Sebelumnya, tambah Wakapolres, kapasitas rutan di Polres Banjar hanya berkapasitas 30 tahanan, sedangkan rutan yang baru akan berkapasitas 100 tahanan.

“Rutan yang baru nanti, juga akan kita manfaatkan untuk kantor Sat Tahti dan klinik Dokkes Polres Banjar,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Banjar Achmad Zulyadaini, selaku perwakilan Bupati Banjar, menyampaikan pelaksanaan kegiatan proyek pembangunan Rutan Polres Banjar sudah dipersiapkan secara matang dan sangat baik.

“Pembangunan rutan ini dilaksanakan menggunakan sumber dana APBD 2024 oleh Dinas PUPRP Banjar dengan alokasi anggaran sebesar Rp5 Milliar Sedangkan nilai kontrak sekitar Rp4,8 Miliar,” tutupnya.

Exit mobile version