Site icon Kantor Berita Kalimantan

Pemkab Banjar Diminta Bangun Pipa Air Baku Dari Waduk Riam Kanan, Tidak Bergantung SPAM Banjarbakula

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar Irwan Bora

KBK.NEWS MARTAPURA – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar Irwan Bora meminta agar Pemkab Banjar membangun pipa air baku dari Waduk Riam Kanan untuk membantu ketersedian air bersih dan tidak hanya mengandalkan dari SPAM Banjarbakula, Sabtu (21/9/2024).

Pipa air baku Banjarbakula dari waduk riam kembali mengalami kebocoran bahkan pecah dan mengakibatkan pelanggan PTAM Intan Banjarmengalami kesulitan air bersih. Hal ini mendapat perhatian Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar Irwan Bora.

Menyikapi persoalan tersebut Irwan Bora meminta agar Pemkab Banjar mengambil sikap untuk mengantisipasi agar tidak hanya bergantung dengan pipa dari SPAM Banjarbakula saja. Sikap tersebut diantaranya dengan membangun pipa air baku cadangan dari Waduk Riam Kanan.

“Yang terdampak dari bocornya pipa air baku dari Banjarbakula ini adalah ribuan masyarakat Kabupaten Banjar kesulitan air bersih. Jadi kedepan kita harus punya pipa cadangan dan tidak lagi hanya bergantung pada pipa dari SPAM Banjarbakula saja. Jadi Pemkab Banjar harus membantu dengan membangun pipa alternatif lain atau cadangan,” tegas Irwan Bora, Sabtu ( 21/9/2024).

Menurut Irwan Bora ia menerima laporan dari masyarakat tentang bocor dan pecahnya pipa air baku dari SPAM Banjarbakula yang merugikan masyarakat. Sebab, pasokan air bersih dari PTAM Intan Banjar ke pelanggan menjadi terhenti akibat pasokan air baku dari SPAM Banjarbakula terhenti.

“Pemkab Banjar harus mempunyai langkah cepat dan tepat untuk membantu masyarakat yang seringkali terdampak kesulitan air bersih akibat pipa air baku dari SPAM Banjarbakula pecah. Langkah itu adalah dengan membangun pipa air baku dari Waduk Riam Kanan yang bisa menjadi solusi apabila pipa air baku dari SPAM Banjarbakula bermasalah,” pungkas politisi Partai Gerindra Irwan Bora.

Air baku PTAM Intan Banjar berasal dari SPAM Banjarbakula . Apabila terjadi bocor atau pecah maka PTAM Intan Banjar kesulitan dalam menyediakan air bersih kepada puluhan ribu pelanggannya di Kabupaten Banjar dan Banjarbaru.

Exit mobile version