Kantor Berita Kalimantan

Pemkab Banjar Gelar Festival Budaya Banjar

Martapura – Pemkab Banjar gelar Festival Budaya dan Lomba Kue Tradisional, Memasak Bahan Ikan, Pameran Produk Unggulan, dan Bamandi Nujuh Bulanan, Jumat (5/11/2021).

Setelah sempat vacum sekitar 2 tahun dengan kegiatan (even) besar di Martapura akibat dampak dari pandemi Covid-19, kini Pemkab Banjar mulai menggelarnya. Gelaran pertama ini diberi nama Festival Budaya Banjar dan diisi dengan sejumlah lomba dan kegiatan budaya.

Kabid Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Banjar, Tisnohadi Trimurti mengatakan, bahwa Festival Budaya Banjar adalah salah satu agenda dari instansinya. Namun, untuk kegiatan ini juga bekerjasama dengan Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan juga PKK Kabupaten Banjar.

Kabid Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Banjar, Tisnohadi Trimurti

Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Banjar, ungkap Tisnohadi, telah menganggarkan untuk kegiatan lomba kue tradisional. Sedangkan Lomba memasak atau mengolah makanan bahan baku ikan dilaksanakan Dinas Perikanan, Dan Pameran Produk Unggulan dari Dinas Perdagangan Kabupaten Banjar.

“Untuk kegiatan Ba Mandi Nujuh Bulanan yang menjadi tradisi atau budaya masyarakat Banjar adalah kegiatan dari PKK Kabupaten Banjar. Kegiatan ini diikuti tujuh orang ibu hamil, termasuk juga Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Banjar Ibu Nur Gita Tiyas, dan kegiatan ini tidak menggunakan APBD Banjar,” jelasnya, Jumat (5/11/2021).

Festival Budaya Banjar digelar di Halaman Kantor Bupati Banjar dan dibuka secara langsung oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang didampingi Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyi.

Para peserta Festival Budaya Banjar ini semua dari lingkup Pemkab Banjar seperti dari seluruh SKPD, BUMD dan seluruh kecamatan.

Exit mobile version