Kantor Berita Kalimantan

Pemkab Banjar Launching Aplikasi “Pesan Kulaan”, Ini Fungsinya

Pemkab Banjar launching dan sosialisasikan aplikasi pesan kulaan. (Foto : Rizal)

MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar menggelar sosialisasi dan launching aksi perubahan Aplikasi Pesan Kulaan (Pemesanan Kamar dan Aula Pertemuan), Jumat (8/9/2023) pagi, di Aula Barakat Lantai II Martapura.

Sosialisasi tersebut, dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar HM Hilman, didampingi Khairullah Anshari selaku Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Banjar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar HM Hilman, didampingi Khairullah Anshari selaku Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Banjar. (Foto : Rizal)

Usai Sosialisasi, Sekda Banjar HM Hilman mengatakan, pada launching Aplikasi Pesan Kulaan ini diinisiasi oleh bagian umum. Hal tersebut dikarenakan di sekretariat daerah ada aset yang semestinya bisa produktif untuk dimanfaatkan.

“Tujuan utama aset ini yakni untuk mempersiapkan tiga aula pertemuan dan juga ada Guest House Sultan Sulaiman untuk urusan kedinasan. Tapi tidak semua waktu kedinasan menghabiskan pemanfaatan dari aset ini. Bisa juga dimanfaatkan untuk masyarakat umum agar aset ini bisa dipergunakan secara produktif,” ujar H M Hilman.

Hilman menjelaskan, pengaturan pemanfaatan ini adalah salah satu solusi agar informasi pemanfaatan bisa diketahui semua pihak. Dari waktu luang dari aset yang tidak dimanfaatkan, dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

“Ini menjadi suatu sumbangsih untuk aset yang produktif untuk memberikan sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tujuan akhirnya bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Umum Setda Banjar Khairullah Anshari menambahkan, untuk mengakses Aplikasi Pesan Kulaan ini bisa langsung membuka wibsite resmi Pemkab Banjar.

“Saat ini aplikasi tersebut masih berbasis website dan masih tahap penyempurnaan, Kedepannya akan lebih kita tata lagi agar lebih baik dan rapi,” tutur Khairullah.

Untuk mendaftar di Aplikasi Pesan Kulaan ini, lanjut Khairullah, bisa melakukan pemesanan tempat di Aula Barakat, Mahligai Sultan Adam dan Aula Berlian.

Khairullah menambahkan, Khusus pemesanan tempat Aula Berlian akan dikenakan tarif, baik bagi kedinasan dan masyarakat umum. Aula tersebut bisa dipergunakan untuk kegiatan, seperti acara perkawinan maupun kegiatan keorganisasian.

“Di Aplikasi Pesan Kulaan ini juga sudah kita cantumkan tarif untuk sewa Aula Berlian. Bagi kedinasan Rp.1 juta, non kedinasan Rp.2 juta dan komersil Rp.3 juta,” pungkasnya.

Exit mobile version