Site icon Kantor Berita Kalimantan

Pemkab Banjar Pastikan Stok Bahan Pokok Tercukupi Selama Bulan Ramadhan 1444 H

Plh Sekda Banjar Ikhwansyah, Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati monitoring harga Bapokting. (Foto : Rizal)

MARTAPURA – Menjelang Bulan Ramadhan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak), di Pasar Bauntung Batuah (PBB), Martapura, Senin (20/3/2023) sore.

Pada Sidak tersebut, Pemkab Banjar melalui tim Satgas Pangan yang terdiri dari Dinas Pertanian dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP), mendengarkan beberapa penyampaian dari beberapa pedagang Bahan Pokok Penting (Bapokting) di pasar.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar Ikhwansyah. Dirinya mengatakan ada beberapa Bapokting yang mengalami kenaikan menjelang Bulan Ramadhan.

“Salah satunya adalah telur yang saat ini semakin mahal, serta ada beberapa Bapokting yang lain harganya mengalami kenaikan juga,” ujar Ikwhansyah

Dengan naiknya beberapa harga Bapokting, Ikhwansyah menyebutkan Pemkab Banjar akan terus berupaya untuk kembali menstabilkan harga, agar masyarakat tidak terlalu terbebani dengan harga Bapokting yang naik di pasar.

Sementara itu, Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawati, mengatakan pihaknya akan menggelar pasar murah menjelang Bulan Ramadhan untuk membantu meringankan beban masyarakat ditengah naiknya beberapa harga Bapokting.

” Rencananya kita akan menggelar pasar murah di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar, yang akan dimulai besok Selasa (21/3/2023), yang akan dibuka langsung oleh Bupati Banjar di depan Dekranasda Kabupaten Banjar,” jelas I Gusti Made Suryawati.

Untuk persediaan sembako di Bulan Ramadhan, dirinya memastikan untuk persediaan Bapokting Kabupaten Banjar aman dan terkendali selama 2 bulan kedepan.

” Ketersediaan bahan pokok penting, sesuai dengan hasil monitoring kita dilapangan dipastikan aman dan terkendali untuk 2 bulan kedepan,” pungkasnya.

Exit mobile version