Site icon Kantor Berita Kalimantan

Pemkab Kotim Disarankan Siapkan Kebun Sawit Untuk Masyarakat

SAMPIT – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Hj Darmawati mendorong Pemerintah daerah setempat supaya membangun kebun sawit untuk seluruh warga Kotim. Kebun itu nantinya bisa dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Saya menyarankan kepada Bupati Kotim supaya membangun plasma untuk warga Kotim tanpa terkecuali, karena kita sudah memiliki BUMD. Tetapi sebelum itu semua, manajemen BUMD itu perlu dievaluasi dulu. Tempatkanlah orang yang mengerti di bidangnya, SDM yang mampu membangun sebuah perusahaan besar,” ujar Darmawati saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (17/2/2022).

Menurut Darmawati, ide plasma untuk seluruh warga Kotim ini muncul karena potensi lahan di Kotim ini masih banyak dan bisa saja dibangun kebun. Selain itu, sejumlah PBS juga masih ada yang belum melaksanakan pola kemitraan terhadap masyarakat.

Terkait hal itu, semestinya pemerintah harus lebih tegas kepada investor. Karena selain membangun daerah, pondasi ekonomi masyarakat Kabupaten Kotim juga harus dibangun, supaya semuanya punya penghasilan menetap.

“Sumber daya alam kita sebaiknya kita sendiri yang mengelolanya, maka diharapkan pemerintah daerah untuk tidak lagi menerbitkan izin baru khususnya perkebunan kelapa sawit, karena warga Kotim juga ingin punya kebun sendiri,” harap Darmawati.

Menurutnya, selama ini banyak muncul permasalahan klaim lahan dan bahkan aksi demo oleh masyarakat lantaran kurangnya perhatian investor dengan masyarakat sekitar perusahaan.

Salah satunya tidak dibangun pola kemitraan dan program CSR pun direalisasikan tidak tepat sasaran kepada yang seharusnya mendapatkan.

Selain itu, lemahnya pengawasan dan tidak ada kebijakan dari pemerintah daerah dalam hal memperhatikan warga sekitar kebun. Sehingga akhirnya warga pun bergerak sendiri menuntut hak-haknya kepada investor tersebut yang berdampak terhadap kesenjangan sosial dan keamanan investor pun terancam dengan maraknya aksi demo, portal jalan dan juga pencurian buah kelapa sawit.

“Agar tidak muncul lagi permasalahan sengketa lahan terutama terkait tuntutan warga akan plasma, maka saya mendorong Bupati Kotim yang sekarang membuat terobosan baru untuk kesejahteraan warga Kotim yaitu membangun kebun plasma dan itu bisa dikerjasamakan dengan BUMD,” ucap Darmawati. (Mitra Diskominfo Kalteng/rkh).

Sumber : infopublik.id

Exit mobile version