Site icon Kantor Berita Kalimantan

Pemprov Kalteng Gelar Operasi Katarak Gratis

KBK.NEWS, PALANGKA RAYA – Masih dalam rangkaian HUT Ke 67 Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Kesehatan bersama RSUD dr. Doris Sylvanus menggelar bakti sosial operasi katarak gratis.

Kegiatan yang masih dalam rangka HUT Ke 67 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ini mendapat sambutan positif masyarakat. Berdasarkan data dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Suyuti Syamsul, sebanyak 70 orang mendapat pelayanan operasi katarak gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng ini juga memaparkan yang terdaftar 70 dan kemudian ada tambahan 3 orang yang akan operasi katarak gratis. Namun yang datang saat operasi katarak gratis hanya 56 orang saja.

“Setelah melewati pemeriksaan laboratorium hanya 44 orang yang memenuhi syarat untuk dioperasi,” jelasnya, Selasa (23/7/2024).

Menurut Suyuti, operasi katarak adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan pihaknya, tetapi kemampuan untuk mempercepat operasi karatak terbatas. Karena itu pihaknya mengambil inisiatif membiayai beberapa kegiatan termasuk operasi katarak guna  mengurangi angka kebutaan di Kalteng.

Kegiatan ini,ungkap Suyuti, sepenuhnya didanai Dinas Kesehatan bersama Rumah Sakit Doris Sylvanus.  Tujuan untuk meningkatkan layanan kesehatan indra penglihatan bagi masyarakat kurang mampu khususnya penderita katarak.

Sementara itu Wagub Kalteng Edy Pratowo dalam sambutanya menyampaikan, katarak merupakan penyebab kebutaan yang mencakup kurang lebih separuh kebutaan di dunia.Hal itu terutama terjadi di negara berkembang, khususnya di Indonesia.

Menurut Edy, umumnya katarak terjadi pada lansia dan itu bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata sekaligus. Sampai sejauh ini, belum ada pengobatan alami yang terbukti efektif untuk mengatasi katarak.

“Satu-satunya cara untuk mengatasi katarak adalah dengan melakukan tindakan operasi” ungkapnya.

“Namun perlu dipahami, pada dasarnya operasi katarak adalah prosedur umum yang tidak perlu dikhawatirkan. karena operasi katarak terbukti aman dan membawa banyak manfaat daripada risikonya,” bebernya.

Sumber MMC Kalteng

Exit mobile version