Site icon Kantor Berita Kalimantan

Pemprov Kalteng Raih Rekor MURI Tradisi Mangenta

PALANGKA RAYA – Pemprov Kalteng pecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas prosesi Tradisi Mangenta dengan jumlah peserta terbanyak terima penghargaan, Minggu (22/5/2022).

Penghargaan terhadap pemecahan rekor ini disampaikan Senior Manager MURI, Awan Rahargo. Menurutnya dari hasil pencatatan dari MURI sebanyak 1.034 orang menjadi peserta Mangenta yang digeler di Bundaran Besar Palangka Raya hari ini, Minggu (22/5/2022).

Tradisi Mangenta, kata Awan Rahargo  hanya ada di Kalimantan Tengah tidak hanya dicatat memecahkan rekor peserta terbanyak di tingkat nasional, tetapi juga dunia.

 Kenta merupakan kudapan yang dibuat para petani di Kalteng pada saat musim panen padi tiba dan proses pembuatannya disebut Mangenta.

“Ttradisi ini patut untuk semakin diperkenalkan ke masyarakat luas, khususnya masyarakat di Kalteng,” ujarnya.

Terkait dengan penghargaan yang diberikan MURI ini, Pemprov Kalteng melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalteng, Leonard S Ampung menyampaikan terima kasih. Selanjutnya juga ia menyampaikan apresiasi atas dukungan dan partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam menyukseskan acara pemecahan rekor dunia MURI untuk Tradisi Mangenta. 

 

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada semua masyarakat Kalteng dari kabupaten/kota yang ikut berpartisipasi atas pemecahan rekor MURI dan sekaligus rekor dunia,” ucapnya.

Pemecahan rekor ini, beber Leonard adalah suatu kebanggaan bagi Pemprov Kalteng.

” Ini menjadi kado dan momen luarbiasa pada Hari Jadi Ke-65 Pemrov Kalteng, Semakin Berkah,“ pungkasnya.

Exit mobile version