Site icon Kantor Berita Kalimantan

Penemuan Kawah Raksasa Dan Harta Karun Bernilai Ratusan Miliar Di Kabupaten Banjar

Penemuan kawah raksasa purba dengan harta karun ditaksir nilainya mencapai ratusan milyar rupiah di Kecamatan Sambung Makmur, Kabupaten Banjar, Kamis (19/8/2021).

Ketika penulis melakukan perjalanan ke Kecamatan Sambung Makmur, Kabupaten Banjar pada pekan lalu ada hal yang luar biasa ditemukan sedikitnya ada 2 kawah raksasa ditemukan, Selasa (10/8/2021). Kawah besar ini diantaranya ada yang berada tepat disisi jalan utama di kecamatan ini.

Diduga harta karun di dalam kawah raksasa ini terbentuk dan ada sejak jaman purba. Secara kasat mata terbentuknya kawah raksasa ini terlihat bukan karena bekas jatuhnya benda langit seperti meteor atau asteroid.

Video Penampakan Kawah Raksasa

Kawah raksasa yang terbentuk karena jatuhnya benda langit ada di sejumlah negara dan benua, misalnya Kawah Manicouagan di Kanada. Kawah raksasa ini menurut catatan para ahli terbentuk karena hempasan asteroid sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Kawah raksasa tersebut berdiameter 5 kilometer, dengan lebar sekitar 100 kilometer dan Kawah Manicouagan di Quebec, Kanada ini akhirnya menjadi sebuah danau. Selain itu dampak dari jatuhnya benda langit ini diduga yang menyebabkan punahnya hewan purna seperti Dinosaurus dan kawan – kawan.

Kembali ke penemuan kawah raksasa yang berisi harta karun di Kecamatan Sambung Makmur yang tidak terkait dengan jatuhnya benda langit tersebut.  Harta karun yang ditemukan di dalam kawah raksasa ditaksir bernilai ratusan milyar rupiah berwarna hitam  dan orang di jaman dulu menyebutnya batu arang.

Penemuan harta karun ini dilakukan orang-orang mengupas tanah untuk mengambil batu arang. Selanjutnya batu arang ini dijual untuk kebutuhan energi atau sebagai bahan bakar, bahkan dapat di ekspor.

Batu arang harta karun yang terpendam di dalam tanah ini   sebaliknya juga bisa menjadi penyebab terbentuknya kawah raksasa. Hal ini diduga juga terjadi di sejumlah titik di Kabupaten Banjar di tempat ditemukannya harta karun dari perut bumi.

Pasca diambil harta karun, kawah raksasa ini tidak mustahil akan menjadi danau seperti tempat jatuhnya benda langit di Quebec, Kanada. Karena itu sepertinya bisa menjadi tempat wisata bagi generasi yang akan datang, terlebih lagi kalau danau tersebut tepat berada disisi jalan raya.

Untuk itu diperlukan pemandu wisata yang dapat menceritakan asal usul terbentuknya kawah raksasa dan eksplorasi pengambilan harta karun berupa batu arang.

Penemuan kawah raksasa di Kecamatan Sambung Makmur, Kabupaten Banjar ini dapat dikunjungi wisatawan dengan mudah. Hal itu karena lokasinya tepat di sisi jalan dan sangat dekat sekali dari Kantor Camat, Polsek dan juga Koramil.

 

 

Exit mobile version