Site icon Kantor Berita Kalimantan

Pengembangan Kawasan Kampung Seni Borobudur

KBK.NEWS JAKARTA  – Peningkatan ekonomi kreatif masyarakat dikembangkan melalui Kampung Seni Borobudur terus dilakukan dan sekaligus penguatan budaya lokal, Minggu (27/10/2024).

Kawasan Borobudur kini memiliki ikon baru yang menggabungkan seni, budaya, dan ekonomi kreatif. Kampung Seni Borobudur resmi dibuka, menjadi inisiatif penting dalam memperkuat identitas budaya lokal dan mendukung kemajuan ekonomi kreatif di sekitar kawasan Candi Borobudur.

Dengan konsep ruang kreatif yang memadukan seni dan budaya, Kampung Seni ini menjadi tempat bagi seniman lokal untuk berekspresi, sekaligus membuka peluang ekonomi bagi masyarakat setempat.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti, seperti dilansir dari infoPublik, Minggu (27/10/2024) menyampaikan, Kampung Seni Borobudur merupakan inisiatif yang memberikan nilai lebih, baik bagi budaya maupun sektor ekonomi.

“Kampung Seni Borobudur tidak hanya memperkuat identitas budaya lokal, tetapi juga menjadi platform untuk mendorong kreativitas dan kolaborasi antar-seniman,” ujarnya.

Menurutnya, sebagai situs warisan dunia UNESCO, kawasan Borobudur memerlukan pengelolaan dan pengembangan yang terencana dan terkoordinasi. Melalui Kementerian PUPR turun memainkan peran sentral dalam mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. Tujuannya untuk memastikan pelestarian budaya sambil tetap mendorong kemajuan ekonomi.

Kampung Seni Borobudur merupakan bagian dari upaya ini, yang dibangun untuk menciptakan keseimbangan antara kebutuhan ekonomi dan pelestarian sejarah.

Kampung Seni ini berlokasi di Dusun Kujon, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Kampung Seni ini dirancang sebagai relokasi bagi para pedagang dan pengrajin yang sebelumnya berada di area pintu keluar Candi Borobudur.

Para pedagang tersebut menempati lahan seluas lebih dari 10 hektare. Kampung Seni Borobudur menyediakan 1.943 kios, area parkir, dan layanan shuttle untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Penataan yang terstruktur dan fasilitas lengkap di Kampung Seni menciptakan ruang pamer yang lebih estetis bagi para pengrajin, sehingga wisatawan dapat menikmati pengalaman mendalam akan seni dan budaya lokal.

Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman, J. Wahyu Kusumosusanto, optimis bahwa Kampung Seni Borobudur akan menjadi destinasi budaya yang menarik.

“Kampung Seni Borobudur akan menjadi wadah bagi generasi muda untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia sekaligus menjadi destinasi budaya yang menarik bagi wisatawan,” kata Wahyu.

 

 

sumber : infoPublik.id

Exit mobile version