Site icon Kantor Berita Kalimantan

Peningkatan Kerjasama Penanggulangan Bencana Indonesia – Australia

KBK.NEWS BANDA ACEH – Pemerintah Indonesia dan Australia melanjutkan kerja sama di bidang Penanggulangan Bencana yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

Kerja sama penanggulangan bencana ini merupakan perpanjangan dari 2024 hingga 2026. Program kolaborasi dua belah pihak atau dikenal dengan SIAP SIAGA dengan tujuan meningkatkan kemampuan Indonesia dalam mencegah, mempersiapkan, menangani, hingga memulihkan diri pasca bencana.

Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr. Rustian selaku perwakilan Pemerintah Indonesia menyatakan, pihaknya mengharapkan adanya keluaran besar dari tujuan kerja sama ini.

Rustian mengharapkan, bahwa melalui kerja sama tersebut dapat memperkuat sistem organisasi BNPB, sehingga menghasilkan kepemimpinan manajemen risiko bencana yang lebih baik.

“Kerja sama juga untuk memperkuat kapasitas manajemen risiko bencana sub-nasional dan ketahanan masyarakat,” ujar Rustian di hadapan Wakil Duta Besar Australia.

Di samping itu,beber Rustian, BNPB sebagai focal point dalam penanggulangan bencana berkeinginan untuk memperkuat pembelajaran, inovasi dan inklusi dalam manajemen risiko bencana.

Menurut Rustian, kerja sama penanggulangan bencana dapat mempertimbangkan adanya pengembangan ke daerah lain. Hal ini dikarenakan program pada wilayah yang sudah kuat secara sumber daya manusia dan pendanaan perlu dialihkan kepada wilayah lain, seperti Sulawesi yang juga rawan, IKN, serta Papua dan Ambon di timur Indonesia.

Saat berdiskusi dengan Wakil Duta Besar, Rustian mengungkapkan harapannya terhadap dukungan di bidang pendidikan yang berfokus pada manajemen bencana di wilayah Sumatra.

Ia mencontohkan, di Sumatra Barat terdapat Universitas Andalas yang telah memiliki program S2 kebencanaan.

MoU yang dilakukan di tengah rangkaian Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana 2024 ini sebagai perpanjangan kolaborasi di bawah program SIAP SIAGA yang sudah berlangsung sejak Oktober 2019.

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Australia atas dukungan dalam penanggulangan bencana, khususnya program SIAP SIAGA,” tutur Rustian.

Sementara itu, Wakil Duta Besar Australia Gita Kamath menyampaikan, kemitraan yang sudah terbangun pada 2005 silam ini telah memperkuat kolaborasi antara Indonesia dan Australia, khususnya dalam konteks upaya-upaya kemanusiaan.

Gita Kamath menyebutkan kerja sama tersebut dilakukan pemerintahnya setelah katastrofe tsunami Aceh pada Desember 2004.

Acara penandatanganan MoU antara Pemerintah Indonesia dan Australia ini dihadiri Deputi Bidang Sistem dan Strategi Raditya Jati, Deputi Bidang Pencegaahan Prasinta Dewi, Kepala Biro Perencanaan Andi Eviana serta Widyaiswara Ahli Utama Dody Ruswandi.

Sumber : infopublik.id

Exit mobile version