Penyebab Mobil Bergetar dan Tips Agar Aman Berkendara

BANJARMASIN – Tips atasi mobil bergetar ketika tambah kecepatan perlu diketahui agar membuat nyaman saat berkendara dan terhindar dari kecelakaan, Minggu (2/7/2023).

Pada saat menyetir tidak jarang dirasakan stir terasa tidak stabil ke kiri dan ke kanan. Hal ini akan bertambah parah saat kecepatan mobil ditambah.

Berdasarkan pengalaman pribadi, hal tersebut banyak terjadi dan penyebab utamanya adalah ban mobil yang bermasalah. Ban bermasalah tersebut diantaranya, karena perbedaan tekanan pada setiap ban mobil, diantaranya karena perbedaan tekanan angin, dan ban berbeda ukuran.

Masalah lain adalah akibat ban sudah mulai rusak tidak rata lagi atau telah muncul benjolan yang kadang tidak terlihat secara kata. Ban yang benjol hampir dapat dipastikan akan membuat getaran saat mobil berjalan terlebih pada saat kecepatan tinggi.

Perputaran ban mobil yang tidak selaras antara kiri, kanan, muka dan belakang menyebabkan keseimbangan mobil bisa menjadi goyah, serta bergetar. Hal tersebut selain bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, baik itu bagi pengendara juga bisa mengancam keselamatan saat berkendara.

Mobil bergetar saat kecepatan tinggi selain, karena faktor ban, yakni karena shockbreker, busi, engine mounting, mesin, rem, propeller, as roda, dan velg.

Untuk mengetahuinya penyebab lebih jauh, maka ada baiknya memeriksakan mobil ke bengkel. Namun, pada umumnya masalah ban adalah faktor utama terjadinya getaran.

Foto istimewa

admin

Redaktur KBK.NEWS