Site icon Kantor Berita Kalimantan

Penyelenggaraan PON XX Papua Di Tengah Pandemi Covid-19

Menkominfo Johnny Gerard Plate menyatakan, merebaknya wabah global COVID-19, tidak boleh menghambat perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Kamis (24/6/2021). 

“Situasi pandemi ini sendiri, tidak boleh mencegah Indonesia untuk melaksanakan kegiatan olahraga PON XX,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate melalui siaran virtual yang ditayangkan Akun YouTube FMB9 pada Kamis (24/6/2021).

Oleh karena itu, kini pihaknya tengah melakukan berbagai upaya sosialisasi melalui berbagai medium komunikasi. Mengingat, hal ini merupakan kewenangan Kominfo untuk membantu menyebarkan informasi-informasi yang berkaitan dengan perhelatan PON XX di provinsi paling timur di Indonesia.

Terdapat sejumlah informasi yang saat ini tengah disebarkan kepada masyarakat luas di berbagai daerah. Diantaranya, pertama, informasi yang berkaitan dengan pengendalian COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah daerah terkait yang menjadi tuan rumah ajang kompetisi atlet tingkat nasional tersebut.

Kemudian, informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan vaksinasi yang dilakukan secara masif di wilayah yang menyelenggarakan kegiatan PON XX.

“Pemerintah daerah terkait melakukan tugas-tugasnya melalui tracking, tracing, dan treatment, yang dilakukan selama penyelenggaraan kegiatan,” katanya.

Menkominfo menyarankan, untuk mengemas informasi dengan sajian yang menarik perhatian masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dalam perhelatan kompetisi atlet dalam negeri dari berbagai cabang olahraga tersebut.

Tunjuk juga juru bicara pada masing-masing cabang olahraga yang ikut dalam kompetisi tingkat nasional tersebut. Juru bicara ini, harus mampu menyajikan berbagai informasi menarik yang membuat masyarakat semakin tertarik dengan perhelatan olahraga nasional ini.

“Melalui juru bicara dan koordinasi lintas kementerian lembaga yang terkait dengan olahraganya itu sendiri,” tuturnya.

Ajang PON XX, lanjut Johnny, berpeluang membuka sektor pariwisata di wilayah Papua dan sekitarnya menjadi bangkit kembali pasca pandemi yang melanda.

“Pon XX ini harus menjadi ajang menyerap pariwisata olahraga,” pungkas Johnny.

Sumber :infopublik.id

Exit mobile version