Site icon Kantor Berita Kalimantan

Penyuluhan Kesehatan Fakultas Kedokteran ULM Diserbu Warga Desa Awang Bangkal Barat

MARTAPURA – Ratusan warga Desa, Awang Bangkal Barat Kecamatan Karang Intan yang didominasi ibu-ibu, Kecamatan Karang Intan antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan Poltekes Banjarbaru, Kamis (3/11/2022) sore.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman rumah Pembakal Desa Awang Bangkal Barat,yakni melaksanakan program pemeriksaan kesehatan seperti cek kolesterol, gula darah dan hipertensi.

Pembakal Desa Awang Bangkal Barat Pajrul Ripani, melalui Ketua BPD nya Sugiman menjelaskan setelah pemeriksaan tersebut, jika ditemukan ada yang mengalami masalah kesehatan, maka akan langsung diberikan obat sesuai resep dokter dari Puskesmas Karang Intan II.

“Yang jelas warga banyak terbantu dengan adanya pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat secara gratis ini. Semoga acara ini bisa berkelanjutan lagi,” harapnya

Sementara itu, Agianto selaku Koordinator Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran ULM memaparkan, kali ini pihaknya telah melaksanakan program CANGKAL MANENSI (Cara Awang Bangkal Barat Mengurangi Gejala Hipertensi).

” Kegiatan ini terlaksana dengan lancar tentu saja atas support dari Pembakal Desa Awang Bangkal Barat, Camat Karang Intan, Koramil, Polsek dan Puskesmas Karang Intan II,” ujarnya.

Dirinya berharap, para kader, Puskesmas dan pihak desa, bisa kembali melaksanakan program hipertensi seperti ini agar bisa terus dilaksanakan nantinya.

“ini adalah tahun kedua telah melaksanakan program inovasi di Desa Awang Bangkal Barat. Inovasi pertama, pelatihan kader untuk penanganan kecelakaan lalu lintas dan kedua, program inovasi CANGKAL MANENSI,” jelasnya

Ditempat yang sama, sebagai ketua kelompok A yang menyongsong tema BUS BERSAYAP (Bumil, Bufas, Bersama Remaja Sehat Punya Awang Bangkal Barat) Fakultas Kedokteran Unlam dalam kegiatan tersebut M Fikri mrngatakan ada 3 program yang dilaksanakan kelompoknya, yakni ;

1. BURAS (Bumil Persiapkan Masa Nifas),
2. Dapur KASIH (Kastela Meningkatkan ASI dan Menurunkan Hipertensi), dan
3. RABANA BAHABSI (Remaja Menuju Keluarga Berencana dan Hidup Barsih dan Sehat.

” Hari ini (Kamis,3/11/2022) kami melaksanakan 2 program, di Polindes Desa Awang Bangkal Barat, yakni program BURAS dan Dapur Kasih dengan target ibu-ibu hamil dan ibu-ibu nifas sebagai peserta, sedangkan besok (jum’at, 4/11/2022), kami akan ke SMPN 7 Karang Intan dengan program RABANA BAHABSI yang akan disampaikan ke remaja kelas 9,” tutupnya

Exit mobile version