Kantor Berita Kalimantan

Perbaikan Darurat Jalan Martapura Lama

Dinas PUPR Kalsel lakukan perbaikan darurat jalan longsor yang membahayakan pengguna jalan di Jalan Martapura Lama, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Kamis (12/8/2021).

Setelah sempat diberitakan beberapa hari lalu tentang Jalan longsor yang telah sering menyebabkan kecelakaan Lalulintas, akhirnya ada perbaikan. Perbaikan dilakukan Dinas PUPR Provinsi, namun hanya darurat.

Kabid Binamarga Dinas PUPR Kalsel, M Yasin Toyib, saat dikonfirmasi pekan lalu mengatakan, dana untuk perbaikan di Jalan Martapura Lama sekitar Rp 10 Miliar. Anggaran tersebut termasuk untuk perbaikan jalan longsor di Desa Tangkas dan dianggarkan di APBD Tahun 2022.

“Tahun depan sudah kami anggarkan kurang lebih 10 miliar rupiah untuk Martapura Lama,” Katanya di Konfirmasi Jumat (6/8/2021) siang.

Menurut Toyib, perbaikan jalan dilakukan pada tahun depan (2022), karena keterbatasan anggaran. Keterbatasan tersebut diantaranya, karena adanya refocusing anggaran yang lebih diprioritaskan untuk penanganan Covid-19.

” Anggaran kita lebih diprioritaskan pada penanganan pandemi Covid-19,”, ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejak awal pekan ini sudah ada upaya penanganan perbaikan jalan longsor di Jalan Martapura Lama tersebut. Terlihat para pekerja membongkar aspal dan beton jalan dan memasang pondasi dari kayu galam.

Sebelumnya, warga Desa Telok Selong menyampaikan tentang seringnya kecelakaan akibat jalan rusak dan longsir. Fahmi (62) warga sekitar longsor menyatakan, pada Tahun 2017 ada 117 laka lantas di lokasi longsor, bahkan ada korban meninggal dunia.

” Karena sering terjadi kecelakaan, sampai – sampai Tim Emergency atau PMI kalau diberi tahu terjadi laka lantas, mereka sudah tahu titik lokasinya,” tegasnya, Jumat (6/8/2021) pagi.

Exit mobile version