Kantor Berita Kalimantan

Perekrutan Panwascam Oleh Bawaslu Banjar, Puluhan Pendaftar Ikuti Tes Tertulis Online

Perekrutan Panwascam Oleh Bawaslu Banjar, Puluhan Pendaftar Ikuti Tes Tertulis Online. (Foto : Rizal)

KBK.News, MARTAPURA – Sebanyak puluhan Calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mengikuti tes tertulis yang diadakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar, di SMK Negeri 1 Martapura, Senin (13/5/2024) siang.

Komisioner Bawaslu Banjar, Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Muhammad Syahrial Fitri, mengatakan tes tertulis secara online tersebut, adalah untuk pendaftar baru Panwascam.

Komisioner Bawaslu Banjar, Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Muhammad Syahrial Fitri.

“Jumlah peserta mendaftar kan ada sekitar 57 orang, untuk yang hadir hari ini masih belum tau, tapi yang jelas hampir mendekati 57 orang. Selanjutnya pada pelaksanaan tes tertulis hari ini, selanjutnya akan diberi penilaian yang

sistemnya online, nilainya akan naik langsung ke Bawaslu Povinsi dan RI,” ujar Syahrial Fitri, Kepada KBK.News, Senin (13/5/2024) siang.

“Jadi kami di kabupaten tidak mempunyai kewenangan untuk menilai, karena ini sifatnya online. Nilainya nanti langsung masuk, dan nanti langsung keluar dan langsung diinput ke Bawaslu Provinsi dan RI,” lanjutnya lagi.

Sebelum tes tertulis hari ini, ucap Syahrial, pihaknya telah membuka pendaftaran administrasi calon Panwascam, dan ada perpanjangan untuk kecamatan yang pendaftarnya masih kurang.

“Yang kurang itu yakni untuk keterwakilan perempuan seperti Aranio, dan Sungai Pinang. itu ada perpanjangan khusus untuk keterwakilan perempuan. Dan Alhamdulillah ada peningkatan pendaftar, khususnya pendaftar perempuan untuk melengkapi persyaratan 30 persen,” jelasnya.

Selanjutnya, tambah Syahrial, sesudah tes tertulis pihaknya akan mengadakan pleno terlebih dahulu sebelum menggelar tes wawancara. Peserta tes wawancara akan dibatasi menjadi 2 kali jumlah kebutuhan di kecamatan.

“Misalnya pendaftar di kecamatan A membutuhkan 2 pengawas, dan yang mendaftar ada 6 , maka setelah tes tertulis, dalam tes wawancara akan disisakan menjadi 2 kali jumlah yang dibutuhkan, yakni 4,” tutup Syahrial.

Exit mobile version